Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Shell Perkuat Kerjasama Teknis dengan Ducati

55
foto : dok. Shell
foto : dok. Shell

Jakartakita.com – Produsen minyak dan gas, Shell, memperkuat jalinan kerjasama teknis dengan produsen motor asal Italia, Ducati.

Tahun ini menandai musim ke-19 kerjasama teknis Shell-Ducati, dan menghadirkan Jorge Lorenzo sebagai pembalap Tim Ducati Corse yang baru untuk MotoGP 2017.

“Kerjasama teknis dengan Ducati menjadi bagian paling penting dalam proses pengembangan produk-produk pelumas Shell berkinerja tinggi yang ditujukan untuk pengunaan di jalan raya. Kerjasama kami dengan Ducati Corse di MotoGP dan Superbike menjadi uji coba yang sangat ekstrim bagi pelumas motor Shell Advance dan bahan bakar Shell V-Power. Kerjasama ini memungkinkan kami untuk mentransfer pengetahuan dari teknologi dan inovasi arena balap ke produk kami untuk di jalan raya,” terang Karlo Tugaff, Shell Advance Global Associate Brand Manager, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Kamis (02/2/2017).

Adapun Shell menjalin kerjasama teknis dengan Ducati sejak tahun 1999 ketika Shell mendukung Ducati dalam Kejuaraan Dunia Superbike.

Shell dan Ducati telah bersama di MotoGP sejak 2003, berbagi podium pada debut tim dan memenangkan gelar kejuaraan Riders, Team dan Constructors pada 2007.  Keduanya menghasilkan enam gelar “Riders” dan sembilan gelar “Manufactur” di Superbike dan 33 kali menang ditambah satu gelar “Rider” dan satu gelar “Constructors” di MotoGP.

Pada MotoGP 2016, Tim Ducati telah menguji Shell Advance Ultra with PurePlus Technology untuk pertama kalinya di Losail International Circuit, Qatar. Sejak saat itu, kerjasama teknis ini menjadi yang terkuat dan tersukses dalam sejarah motor dunia.

Lebih jauh, Karlo menyatakan bahwa para ilmuwan dari Shell Technology Center (Pusat Teknologi Shell) di Hamburg, Jerman, secara teratur mengunjungi pabrik Ducati di Bologna, Italia. Mereka berkolaborasi sangat erat dengan para insinyur Ducati untuk memastikan bahwa pelumas Shell Advance dan bahan bakar Shell V-Power khusus untuk balapan dioptimalkan untuk memberi kekuatan dan perlindungan pada mesin Ducati di MotoGP.

“Program pengujian yang ketat dilakukan sepanjang tahun, dengan sampel dari arena balap yang dibawa dan dianalisa kembali di laboratorium Shell untuk memastikan pengembangan dan performa yang konstan. Bahan bakar dan pelumas yang dikembangkan tidak hanya harus memenuhi peraturan teknis balap, namun juga sesuai dengan tuntutan persyaratan MotoGP Tim Ducati di MotoGP,” kata Karlo.

Sementara itu, Paolo Ciabatti, Ducati Corse Sporting Director, mengatakan, kerjasama teknis dengan Shell selama delapan belas musim balap Shell telah membuat kedua pihak bekerja semakin erat dibandingkan sebelumnya.

“Kemitraan ini memungkinkan kami dapat memformulasi Pelumas Shell Advance dan bahan bakar Shell V-Power untuk memberikan tenaga pada mesin Desmosedici. Bersama dengan Shell, kami melakukan pengujian ekstensif dan ketat pada formulasi Shell Advance untuk mendapatkan pemahaman yang rinci tentang karakteristik gesekan mesin Desmosedici dan persyaratan pelumasan,” paparnya.

Ditambahkan, kerjasama ini mendorong kedua perusahaan untuk mengembangkan perangkat keras dan pelumas untuk mencapai manfaat maksimal – mencapai kinerja terbaik disamping juga menjaga kehandalan dan daya tahan.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: