Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sepanjang 2017, XL Bakal Perluas Layanan 4G LTE ke Kota-Kota Menengah

55
foto : dok. XL
foto : dok. XL

Jakartakita.com – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dipastikan akan terus memperluas layanan 4G LTE di sepanjang tahun 2017 ke depan.

Sekitar 100 kota lagi akan dipasang jaringan internet cepat tersebut, baik di Jawa maupun di pulau besar lain.

Perluasan ini merupakan implementasi dari komitmen untuk terus meningkatkan jangkauan layanan Data berkualitas ke berbagai wilayah layanan XL Axiata.

Sebelumnya, hingga akhir tahun 2016, XL Axiata sudah menyediakan layanan 4G LTE di hampir 100 kota di seluruh wilayah Indonesia.

Vice Presiden LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, perluasan layanan 4G LTE tahun 2017 ini akan lebih banyak mengarah pada kota-kota menengah, termasuk sejumlah ibukota provinsi di Sumatera dan Kalimantan.

“Sementara kami mentargetkan sekitar 100 kota, dengan prioritas kota yang memang memiliki tingkat permintaan tinggi untuk internet cepat 4G LTE. Seiring dengan semakin memasyarakatnya berbagai layanan digital, memang terjadi peningkatan cukup signifikan atas adopsi layanan 4G oleh masyarakat di berbagai daerah,” jelas Rahmadi, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Dijelaskan, salah satu indikator semakin banyaknya permintaan atas layanan 4G adalah naiknya penggunaan smartphone 4G oleh pelanggan XL.

Saat ini ada sekitar 29 juta pelanggan XL Axiata yang telah aktif mengkonsumsi layanan Data. Sementara itu, jumlah pelanggan 4G XL hingga saat ini juga terus meningkat menjadi sekitar 12 juta, dari sebelumnyasekitar 10 juta per akhir 2016 lalu.

Dengan semakin banyaknya produk smartphone 4G berharga terjangkau di pasar, XL Axiata yakin tingkat adopsinya oleh pelanggan juga akan terus meningkat.

Lebih jauh Rahmadi menambahkan, perluasan jangkauan layanan 4G oleh XL Axiata juga disertai dengan peningkatan kualitas jaringan yang menopangnya. Implementasi sejumlah teknologi 4G LTE yang mampu mengoptimalkan spektrum, sehingga bisa meningkatkan kecepatan dan stabilitas koneksi, juga akan terus diperluas sesuai dengan karakter dan kebutuhan di daerah.

Seperti yang sudah diketahui, saat ini XL Axiata telah menerapkan teknologi 4T4R 4×4 MIMO di frekuensi 1800 MHz untuk meningkatkan kapasitas LTE hingga 50%. Lalu juga ada 256 QAM untuk meningkatkan efisiensi spektrum hingga 30%.

Selain itu, XL Axiata juga sudah menguji teknologi CA (carrier aggregation) dan LAA (Lisence Assisted Access) untuk penerapan di masa depan.

Implementasi teknologi-teknologi tersebut di sejumlah area layanan sekaligus menempatkan layanan 4G LTE XL Axiata setaraf dengan 4,5G.

Ke depan, XL Axiata akan terus mengembangkan jaringan dan inovasi teknologi 4.5G itu dengan tujuan untuk memberikan kualitas layanan yang lebih baik bagi pelanggan dan menyediakan model operasi layanan data yang lebih efisien.

Asal tahu saja, hingga saat ini, XL Axiata telah memiliki lebih dari 8.000 BTS 4G serta lebih dari 2.500 BTS 4,5G

Untuk 2017, XL Axiata membangun jaringan transmisi yang disebut dengan Transport 4.0 untuk mendukung layanan broadband 4.5 G.

XL Axiata juga mengalokasikan sebagian besar belanja modal untuk pembangunan BTS broadband 3G/4G.

Dari capex sebesar Rp 7 triliun untuk tahun 2017 ini, sekitar 80% di antaranya akan dipergunakan untuk pengembangan jaringan, terutama 4G, dan selebihnya untuk IT dan operasional bisnis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: