Take a fresh look at your lifestyle.

Kompetisi IDEAL-dramakalaFest Makin Diminati Insan Teater

0 1,649
foto : dok. LSPR
foto : dok. LSPR

Jakartakita.com – IDEAL (Asosiasi Pendidik Drama Indonesia) menggelar “IDEAL-dramakalaFest” pada tanggal 23-25 Februari 2017 lalu, bertempat di Prof. Djajusman Auditorium & Performance Hall-LSPR Jakarta, Kampus B.

“IDEAL-dramakala Fest” mengusung dua kompetisi, yaitu; kompetisi Drama Pendek dan kompetisi Monolog.

Sebanyak 22 peserta drama pendek dan 25 peserta monolog dari berbagai daerah di Indonesia tampil berkompetisi untuk memperebutkan piala bergilir “IDEAL-dramakala Award”.

Renata Tirta, General Manager IDEAL mengungkapkan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mendukung dan memajukan pengembangan pendidikan drama dan pertunjukan, menjalankan program aksi untuk pengembangan keterampilan pendidik drama Indonesia yang efektif sesuai dengan tujuan IDEAL, yakni; Menyediakan wadah bagi pelaku dan pecinta teater dan drama untuk berkarya dan berkompetisi, Merayakan hari jadi IDEAL yang kelima, sejak diresmikannya pada 18 Februari 2011.

Hadir sebagai juri drama pendek adalah Harris Priadie Bah, Ipit Dimyati, dan Gandung Bondowoso. Adapun untuk juri kategori monolog adalah Arswendo Atmowiloto, Eddy Haryono, dan Sihar Ramses.

“Seiring berjalannya waktu, kompetisi IDEAL-dramakalaFest kini semakin diminati oleh insan teater. Begitu banyak yang mendaftar untuk ikut menjadi peserta, baik untuk kategori drama pendek maupun monolog. Bahkan kali ini peserta ada yang datang dari Bali serta Kalimantan,” tutur Renata dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Related Posts
1 daripada 5,814

Adapun para pemenang IDEAL-dramakala Fest dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Drama Pendek Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik dan juga Monologer Terbaik.

Para pemenang akan mendapatkan piala, sertifikat dan hadiah berupa uang tunai dengan total Rp 24.000.000.

Istimewanya, mulai tahun ini, para pemenang mendapatkan piala PRITA, yang diambil dari nama penggagas IDEAL, Prita Kemal Gani. Beliau juga memberikan dana hibah sejumlah Rp 16.500.000 tentunya dengan syarat, dana tersebut harus digunakan kembali untuk membuat sebuah pertunjukkan.

Piala Prita merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada para insan teater dengan skala nasional dan juga sebagai salah satu upaya pelestarian budaya dan seni pertunjukkan yang kerap kali kesulitan menggelar sebuah pertunjukkan dikarenakan minimnya biaya. Hal ini juga didukung oleh Galeri Indonesia Kaya yang turut mendukung dengan menyediakan tempat pertunjukkan.

Untuk diketahui, IDEAL adalah sebuah asosiasi pendidik drama Indonesia yang mendukung dan memajukan pengembangan pendidikan drama yang juga memilki fungsi sebagai terapi dan pertunjukan.

IDEAL berkomitmen untuk menjalankan program aksi untuk pengembangan keterampilan pendidik drama Indonesia yang efektif.

IDEAL telah diresmikan pada tanggal 18 Februari 2011 lalu, di London School of Public Relations-Jakarta yang dihadiri oleh Arswendo Atmowiloto, Slamet Rahardjo, Ratna Riantiarno, dan pentas monolog oleh Butet Kertaredjasa. Kehadiran para pegiat drama Indonesia tersebut, sebagai bentuk dukungan nyata terhadap IDEAL.

 

Tinggalkan komen