Ini Dia Alasan Mengapa Anda Ingin Makan Sesuatu!

foto: istimewa

foto: istimewa

Jakartakita.com -Pernahkah Anda mendadak ingin memakan sesuatu atau yang biasa disebut ngidam atau pica? Tahukah Anda ternyata keinginan makan sesuatu secara tiba-tiba bisa diterangkan secara ilmiah.

Seperti dilansir dari Life Hack, keinginan untuk makan sesuatu secara tiba-tiba jelas berbeda dengan kondisi kelaparan. Kelaparan merupakan mekanisme bertahan hidup, otak mengirim sinyal ke perut untuk memberitahu Anda perut perlu di masukkan makanan untuk energi.

Sementara mengidam, menurut penelitian, ini merupakan keinginan kuat akan bahan makananan tertentu. Hal ini juga menunjukkan tubuh kekurangan beberapa nutrisi penting, makanya otak mengirim sinyal untuk menginginkan makanan mengandung jenis nutrisi itu. Misalkan,

Cokelat
Jika Anda tiba-tiba ingin memakan cokelat, boleh jadi saat itu Anda kekurangan magnetism atau sedang stress. Cokelat memiliki kandungan magnetism yang tinggi. Nutrisi ini baik untuk rambut dan kulit. Kekurangan magnet bisa menyebabkan pusing, otot lemah dan tekanan darah rendah. Cokelat juga memicu pelepasan serotonin yang dapat mengurangi stress.

Makanan gurih
Jika Anda mendadak menginginkan makanan asin, artinya Anda mengalami dehidrasi atau kurang kalsium. Memakan makanan asin, memberikan ilusi pada tubuh mengenai “kepuasan” akan kalsium. Setelah ilusi hilang maka keinginan untuk makanan asin akan kembali. Lebih buruknya lagi makanan asin menyerap air lebih banyak di tubuh, yang justru membuat semakin dehidrasi.

Dari pada makan makanan asin, konsumsi makanan berkalsium tinggi lebih baik. Konsumsilah daun berwarna gelap, susu rendah lemak atau yogurt.

Makanan manis
Jika Anda ngidam makanan manis,  artinya tubuh mengalami kekurangan Chromium. Ini merupakan mineral yang bekerja sama dengan insulin mengatur kadar gula darah. Untuk menghentikan keinginan tersebut jangan malah mengkonsumsi permen atau cokelat sebab akan semakin memperburuk. Ganti camilan manis Anda dengan buah.

Daging-dagingan
Jika Anda tiba-tiba ingin makan sate kambing atau sop iga, artinya Anda kekurangan zat besi. Anda juga bisa mengganti daging merah dengan sayuran yang memiliki zat besi tinggi seperti bayam dan kangkung loh.

Comments

comments




0 thoughts on “Ini Dia Alasan Mengapa Anda Ingin Makan Sesuatu!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Jakarta News Wire