RS Premier Jatinegara dan Bintaro Gelar Edukasi Soal Penyakit Tulang dan Stroke

foto : jakartakita.com/edi triyono

foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – RS Premier Jatinegara dan RS Premier Bintaro, yang merupakan bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia – salah satu operator rumah sakit terbesar di dunia dengan jaringan lebih dari 200 rumah sakit di seluruh dunia memberikan edukasi khusus kepada rekan-rekan media bertema “Center of Excellence Update”, bertempat di Hotel Sultan Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Acara ini menghadirkan 2 pembicara, yakni DR. Dr Wismaji Sadewo, Sp.BS(K) sebagai pembicara dengan membawa tema salah satu layanan unggulan dari RS Premier Jatinegara yaitu Digital Substraction Angiography (DSA) dan Dr Sapto Adji, Sp.OT dari RS Premier Bintaro membawakan materi mengenai Muskoluskelectal Disorder in Workplace.

Dr. Dr Wismaji Sadewo, SpBS(K) menjelaskan, DSA memungkinkan dokter memperoleh gambaran yang akurat mengenai kondisi pembuluh darah otak. DSA sangat unggul dan akurat untuk penanganan stroke baik yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah (stroke iskemik) atau karena perdarahan (stroke hemoragik).

“Beberapa pasien saya yang menderita stroke, dia masuk pagi dan kita lakukan prosedur dan malamnya dia sudah pulang lagi, lalu paginya sudah bisa bekerja seperti biasa lagi. Akan tetapi, dengan catatan mereka dapat dikontrol serta bekerjasama dengan kita,” paparnya.

Adapun Dr. Sapto Adji, SpOT mengangkat topik gangguan ‘muskuloskeletal akibat kerja’, dikarenakan dewasa ini banyak sekali orang-orang yang bekerja diperkantoran mengalami gangguan pada otot, tulang dan sendinya.

Keluhannya bisa berupa nyeri pinggang bawah belakang, nyeri punggung, kesemutan pada jari jari tangan atau nyeri pada pergelangan tangan.

Dijelaskan, gangguan ini dikenal dengan gangguan muskuloskeletal akibat kerja (work related musculoskeletal disorder, WMSD), suatu gangguan saraf, urat, otot, tulang dan sendi akibat pekerjaan yang dilakukannya.

Pada umumnya gangguan ini tidak sampai harus menjalani operasi, cukup dengan obat-obatan dan fisioterapi.

Tapi yang lebih penting diketahui, tutur dia, gangguan-gangguan ini bisa dicegah. Pencegahan WMSD dimulai dengan mengubah hal-hal kecil antara lain dengan memperbaiki posisi duduk, peralatan di ruang kerja dengan yang lebih ergonomis, dan senam disaat bekerja.

“Namun jika sudah terjadi gangguan tersebut sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang ahli dibidang tersebut dan jangan diabaikan sehingga gangguan dapat diatasi dan tidak menjadi semakin parah,” jelas dr. Sapto Adji.

Asal tahu saja, Ramsay Health Care Indonesia merupakan group rumah sakit, dimana semua rumah sakit yang tergabung didalamnya telah memperoleh Akreditasi Internasional JCI, sebuah badan akreditasi rumah sakit dunia yang berpusat di Amerika Serikat.

RS Premier Jatinegara memiliki layanan unggulan di bidang pelayanan saraf & bedah saraf, Bedah Jantung, Bedah Digestif, Bedah Urologi, Orthopedic Center dan Vascular Center yang didukung dengan fasilitas penunjang seperti MSCT Scan, MRI, Cathlab, Stroke Unit, Cardiac Ward yang standby melayani pasien 24 jam setiap harinya.

Adapun RS Premier Bintaro telah diakui keahliannya di bidang pelayanan Bedah Tulang dan pembuluh darah (vascular). Masalah tulang belakang disini ditangani secara menyeluruh dengan dukungan para Dokter Spesialis bedah tulang dari berbagai sub spesialisasi Spine Surgery, Hip & Knee Surgery, Hand Surgery hingga Sport Othopedi Surgery. (Edi Triyono)

 

Comments

comments




0 thoughts on “RS Premier Jatinegara dan Bintaro Gelar Edukasi Soal Penyakit Tulang dan Stroke”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Jakarta News Wire