Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

PLTA Jatigede 2×55 MW Bukti Komitmen PLN Dukung Energi Terbarukan

40
foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – PT PLN (Persero) tengah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede berkapasitas 2 x 55 Megawatt (MW) di Sumedang, Jawa Barat.

Proyek ini tepatnya berada di Kabupaten Sumedang, yang meliputi Kecamatan Jatigede (Desa Kadujaya, Desa Cijeungjing, dan Desa Karedok), dan Kecamatan Tomo (Desa Cipeles).

Ditargetkan, Proyek pembangkit yang memanfaatkan air Waduk Jatigede ini beroperasi tahun 2019. “Jatigede selesai 2019,” ucap Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Nasri Sebayang di PLTA Jatigede, Sumedang, Kamis 6 April 2017.

Dijelaskan, pembangunan proyek PLTA Jatigede merupakan komitmen PLN untuk mendukung pemanfaatan energi terbarukan guna melistriki seluruh masyarakat Jawa Barat.

foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

“Saat ini pelanggan listrik PLN di Jawa Barat mencapai 23,1 juta. Dengan adanya PLTA Jatigede diharapkan pada tahun 2019 akan meningkat lagi,” ujar Nasri.

Ditambahkan, progres pembangunan PLTA Jatigede saat ini mencapai 19,04 persen dengan investasi sebesar USD140 juta. Beberapa konstruksi bangunan yang sedang dalam tahap pembangunan diantaranya Adit Tunnel No. 1 and 2, Power Station Silo 1 and 2, Tailrace Surge Shaft, Tailrace Tunnel, Surge Shaft section 2 dan Bifurcation at Silo 2.

“PLTA Jatigede juga dibangun untuk mengurangi beban SUTT 150 kV Sunyaragi-Rancaekek, meningkatkan green energy mix di sistem Jawa-Bali, menurunkan biaya pokok produksi keseluruhan karena penggunaan energi air, dan estimasi BEP adalah 5 sampai 6 tahun,” terangnya.

foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Asal tahu saja, Regional Jawa bagian tengah mendapat penugasan cukup besar dalam mewujudkan progres pembangunan proyek listrik 35.000 MW.

“Untuk mendukung kelistrikan sistem Jawa Bali kami mendapat penugasan sebesar 21.000 MW. Dari sisi kapasitas pembangkit PLTA Jatigede 2×55 MW memang tidak terlalu besar. Tapi dari komitmen PLN untuk merealisasikan energi terbarukan harus diapresiasi,” pungkas Nasri. (Edi Triyono)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: