Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Industri yang Paling Ramah Bagi Karyawan Perempuan Untuk Mengembangkan Karier

93
foto : istimewa
foto : istimewa

Jakartakita.com – Dalam rangka memperingati Hari Kartini pada tanggal 21 April, yang juga menjadikan bulan April sebagai bulan spesial bagi kaum perempuan, Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online yang menampilkan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, melakukan riset dan menganalisis  industri apa saja yang ramah terhadap perempuan serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan karier dan potensinya.

Menurut Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, analisis dilakukan berdasarkan tingkat kepuasan para karyawan perempuan di berbagai industri terhadap beberapa aspek pekerjaan yang mereka nilai melalui Jobplanet.com, yakni budaya perusahaan, jenjang karier, dan faktor work-life balance.

Perlu diketahui, tingkat kepuasan karyawan dalam platform Jobplanet dinilai dari skala 1,0 hingga 5,0; di mana nilai 1,0 mewakili penilaian “sangat tidak puas”, nilai 3,0 mewakili “cukup puas”, dan nilai 5,0 mewakili “sangat puas”.

Hal yang cukup menarik, jelas Kemas, adalah institusi dan asosiasi juga termasuk sebagai kelompok industri yang ramah terhadap perempuan, meskipun tidak banyak menyerap tenaga kerja atau karyawan perempuan.

“Lembaga atau badan usaha yang termasuk dalam kelompok industri ini adalah lembaga pemerintahan, lembaga sosial dan swadaya masyarakat, dan lembaga hokum,” terang Kemas dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Budaya perusahaan

Berdasarkan risetnya, Jobplanet menemukan bahwa rata-rata tingkat kepuasan terhadap aspek budaya perusahaan yang paling tinggi dirasakan oleh para karyawan perempuan yang bekerja di industri-industri berikut:

1. TI (3,48)

2. Perbankan dan Keuangan (3,48)

3. Institusi dan asosiasi (3,47)

4. Manufaktur (3,47)

5. Pendidikan dan pelatihan (3,31)

Jenjang karier

Berikut ini adalah industri-industri dengan rata-rata tingkat kepuasan tertinggi terhadap aspek jenjang karier, berdasarkan penilaian para karyawan perempuan yang bekerja di dalamnya:

1. Institusi dan asosiasi (3,39)

2. Perbankan dan keuangan (3,34)

3. Manufaktur (3,29)

4. TI (3,10)

5. Pelayanan (3,08)

Work-life balance

Berikut ini adalah industri-industri dengan rata-rata tingkat kepuasan tertinggi terhadap aspek work-life balance, berdasarkan penilaian para karyawan perempuan yang bekerja di dalamnya:

1. TI (3,31)

2. Perbankan dan keuangan (3,26)

3. Institusi dan asosiasi (3,24)

4. Pelayanan (3,12)

5. Pendidikan dan pelatihan (3,12)

“Jika dilihat dari ketiga aspek yang dinilai, yakni budaya perusahaan, jenjang karier, serta work-life balance, ada tiga industri yang selalu muncul dan unggul pada setiap aspek, yakni industri TI, perbankan dan keuangan, serta institusi dan asosiasi,” papar Kemas.

“Hal itu menunjukkan bahwa ketiga industri tersebut bisa dikatakan sebagai industri yang paling ramah terhadap perempuan, serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan karier dan potensinya,” sambungnya.

Asal tahu saja, riset Jobplanet dilakukan berdasarkan survei yang dilakukan melalui Jobplanet.com sejak Januari 2016 hingga Maret 2017 terhadap 55.000 responden perempuan berusia 21–45 tahun yang juga menjadi pengguna Jobplanet. Mereka bekerja sebagai karyawan dari beragam profesi dan industri, dan tersebar di seluruh Indonesia.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: