Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ricciardo Juara F1 GP Azerbaijan 2017

429

ricciardoJakartakita.com – Pebalap Red Bull Racing Daniel Ricciardo keluar sebagai juara F1 GP Azerbaijan 2017 setelah berhasil menjadi yang tercepat menuntaskan seluruh 51 putaran dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Baku City, Minggu (25/6/2017). Ricciardo melakukannya dalam waktu 2 jam 3 menit 55.573 detik. Gelar juara yang diraih merupakan yang pertama bagi Ricciardo sejak F1 GP Malaysia tahun lalu.

Pebalap Mercedes Valtteri Bottas finis sebagai runner-up. Ia dapat mengungguli pebalap Williams Lance Stroll di trek lurus jelang berakhirnya balapan. Stroll, pebalap Kanada berusia 18 tahun, meraih finis podium pertamanya dengan berakhir di peringkat tiga. Ia menjadi pebalap Kanada pertama setelah Jacques Villeneuve yang dapat naik podium balapan F1 sejak 2001 lalu.

strollPebalap Ferrari Sebastian Vettel finis urutan empat. Sedangkan rekan setim Bottas, Lewis Hamilton, finis di urutan lima. Berturut-turut kemudian menempati urutan enam sampai 10 adalah Esteban Ocon (Force India), Kevin Magnussen (Haas), Carlos Sainz (Toro Rosso), Fernando Alonso (McLaren), dan Pascal Wehrlein (Sauber).

Berbagai insiden yang terjadi dalam balapan membuat tujuh pebalap tak sampai menyelesaikan seluruh putaran, yaitu Kimi Raikkonen (Ferrari), Sergio Perez (Force India), Felipe Massa (Williams), Nico Hulkenberg (Renault), Max Verstappen (Red Bull), Daniil Kvyat (Toro Rosso), dan Jolyon Palmer (Renault).

Balapan dimulai dengan insiden mobil balap yang dikendarai Bottas menabrak mobil balap yang dikendarai Raikkonen pada putaran pertama. Akibatnya Bottas harus masuk pitstop untuk melakukan penggantian sayap depan kendaraannya dan setelah keluar dari pitstop berada di deretan belakang balapan. Serpihan dari tabrakan yang terjadi membuat yellow flag dikibarkan. Hamilton, Vettel, dan Perez berurutan di posisi terdepan.

Pada putaran delapan laju, Jolyon Palmer masuk pitstop dan tak dapat melanjutkan balapan akibat kerusakan pada mobil balap yang dikendarainya. Lalu pada putaran 10 Daniel Kvyat terhenti akibat permasalahan pada mobil balapnya.

Safety car keluar pada putaran 12 untuk memberi kesempatan para marshall untuk mengangkat mobil Kvyat keluar lintasan. Max Verstappen yang mengalami kerusakan mesin pada mobil balapnya harus mengakhiri balapan pada putaran ini. Safety car kemudian keluar lintasan pada putaran 16.

Memasuki putaran 17, safety car kembali masuk lintasan untuk memberi kesempatan para marshall membersihkan serpihan yang lepas dari mobil balap yang dikendarai Raikkonen.

Pada putaran ke-20 terjadi insiden antara Hamilton dan Vettel saat safety car masih berada di lintasan. Vettel menabrak Hamilton yang berada di depannya akibat pengereman yang dilakukan Hamilton. Vettel marah dan menabrakkan mobil balapnya ke sisi kiri mobil balap yang dikendarai Hamilton.

Ketika safety car meninggalkan lintasan, terjadi insiden tabrakan antara Perez dan Ocon yang mengakibatkan ban kanan belakang mobil Perez hancur. Raikkonen terimbas tabrakan tersebut, ban belakang kiri mobil balapnya hancur dan sayap belakang putus.

Bendera merah tandanya balapan harus dihentikan kemudian dikibarkan pada putaran ke-22, seluruh pebalap kembali ke pitstop. Sekitar 20 menit berselang, balapan kembali dilaksanakan dengan Raikkonen dan Perez berada di urutan belakang.

Pada putaran ke-25 laju Hulkenberg terhenti setelah mobil balapnya menabrak tembok. Satu putaran berselang, Massa yang sempat menempati posisi tiga masuk pitstop dan tak bisa meneruskan balapan akibat kerusakan mesin pada mobil balapnya.

Hamilton harus masuk pitstop pada putaran ke-31 karena kerusakan pada sandaran kepalanya. Saat ia keluar pitstop, ia berada di posisi sembilan, Vettel di posisi pertama. Tapi Vettel tak lama berada di posisi pertama, ia juga harus masuk pitstop pada untuk menjalani penalti 10 detik akibat insiden pada putaran ke-20.

Saat keluar pitstop, Vettel berada di urutan tujuh, sedangkan Hamilton delapan. Posisi satu sampai enam ditempati Ricciardo, Stroll, Magnussen, Ocon, Bottas, dan Alonso. Vettel dan Hamilton lalu melewati Alonso pada putaran ke-36 akibat permasalahan yang dialami mobil balap Alonso.

Pada putaran ke-38 Ocon dan Bottas melewati Magnussen, sedangkan satu putaran berselang Vettel dan Hamilton melewati Magnussen. Urutan lima posisi depan balapan menjadi Ricciardo, Stroll, Ocon, Bottas, Vettel, dan Hamilton.

Tiga putaran setelah itu, Perez kembali ke pitstop, namun kali ini tak dapat melanjutkan balapan . Pada putaran ke-48, giliran Raikkonen melakukan hal serupa. Ricciardo menyelesaikan balapan di urutan pertama, diikuti Bottas dan Stroll.

Hasil balapan F1 GP Azerbaijan 2017:

1. Daniel Ricciardo AUS Red Bull – TAG 51 laps
2. Valtteri Bottas FIN Mercedes – Mercedes +3.904s
3. Lance Stroll CAN Williams – Mercedes +4.009s
4. Sebastian Vettel GER Ferrari – Ferrari +5.976s
5. Lewis Hamilton GBR Mercedes – Mercedes +6.188s
6. Esteban Ocon FRA Force India-Mercedes +30.298s
7. Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari +41.753s
8. Carlos Sainz ESP Toro Rosso-Renault +49.400s
9. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +59.551s
10. Pascal Wehrlein GER Sauber – Ferrari +1m 26.573s

11. Marcus Ericsson SWE Sauber – Ferrari +1m 29.550s
12. Stoffel Vandoorne BEL McLaren-Honda +1m 30.041s
13. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1 lap

Did not finish

Kimi Raikkonen FIN Ferrari – Ferrari 46 laps completed
Sergio Perez MEX Force India-Mercedes 40 laps completed
Felipe Massa BRA Williams – Mercedes 26 laps completed
Nico Hulkenberg GER Renault – Renault 25 laps completed
Max Verstappen NED Red Bull – TAG 12 laps completed
Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Renault 11 laps completed
Jolyon Palmer GBR Renault – Renault 10 laps completed

Klasemen pebalap F1:

klasemen pebalap F1

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: