Take a fresh look at your lifestyle.

Pasca Lebaran, Konsumsi BBM Berangsur Normal

0 1,420
foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Posko Nasional ESDM untuk Hari Raya Idul Fitri 1438 H mencatat, sedikit demi sedikit penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) secara nasional selama masa libur Lebaran tahun 2017 berlangsung normal.

Demikian diungkapkan Hari Pratoyo, Anggota Komite BPH Migas di Posko Nasional ESDM untuk Hari Raya Idul Fitri 1438 H/Tahun 2017 di kantor BPH Migas, Jakarta, Senin (03/07/2017).

“Hanya terjadi kendala kecil yang masih dapat diatasi dan tidak mengganggu jalannya kegiatan pendistribusian ke masyarakat. Seperti pergantian armada atau penjadwalan ulang tangki kapal dan switching produksi substitusi,” jelas Hari kepada wartawan.

Diterangkan, selama masa Lebaran 2017 terdapat peningkatan pendistribusian BBM jenis Premium, Pertalite, Pertamax, dan Avtur.

Related Posts
1 daripada 6,414

“Sedangkan yang mengalami penurunan pendistribusian untuk jenis BBM Solar,” ucap Hari.

foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Ditambahkan, pada arus balik Lebaran kemarin, suplai dan pendistribusian BBM di jalur Pantura dan tol di beberapa titik terkendala oleh kepadatan kendaraan yang akan memasuki rest area dan SPBU pada H+5 dan H+6.

“Namun stok BBM pada SPBU masih dalam kondisi aman,” tegasnya.

Berdasarkan data Posko Lebaran ESDM, dibandingkan dengan masa Lebaran tahun 2016, pendistribusian BBM Premium mengalami penurunan sebesar 47%. Sedangkan BBM Pertalite meningkat 210% dan Pertamax meningkat sebesar 29%.

Asal tahu saja, cadangan operasional BBM secara nasional sendiri secara rata-rata berada di antara 20 sampai 70 hari. (Edi Triyono)

Tinggalkan komen