Kemendag Gandeng Sinar Mas Land Gelar FGD ‘Standar Pengolaan Pasar dan SOP Pengolaan Pasar’

foto : dok. Sinar Mas Land

foto : dok. Sinar Mas Land

Jakartakita.com – Perwakilan Sinar Mas Land, Rahadian Anandianto menjadi salah satu narasumber dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Standar Nasional Indonesia Pasar dan SOP Pengelolaan Pasar Rakyat yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan (03/08) di Pekanbaru.

Pada kesempatan tersebut, Sinar Mas Land mempresentasikan mengenai “Pembinaan UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro) di Pasar Modern BSD City”.

Acara ini turut dihadiri oleh jajaran dari Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM se-Provinsi Riau.

Dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com baru-baru ini disebutkan bahwa Kementerian Perdagangan menggandeng Sinar Mas Land dalam membuat model atau prototipe standardisasi pembangunan dan tata kelola pasar yang baik dan benar, dengan mengadopsi Pasar Modern BSD City.

Prototipe tersebut yang akan menjadi acuan, atau standar operasional prosedur (SOP) pembangunan maupun revitalisasi pasar rakyat yang didanai oleh pemerintah,mengingat pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat tahun 2017 harus mengikuti standardisasi yang telah disiapkan, sehingga mudah untuk diawasi dan dipertanggungjawabkan.

foto : dok. Sinar Mas Land

foto : dok. Sinar Mas Land

Pemerintah mentargetkan membangun 5000 pasar tradisional di seluruh Indonesia hingga tahun 2019 mendatang.

Adapun Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004 diatas lahan seluas 3,2 ha.

Hal ini dilakukan demi menampung pedagang kecil/UMKM sekaligus mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City.

Pasar Modern BSD City yang pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta.

Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa.

Sinar Mas Land sendiri melalui pembangunan empat pasar tradisional modern di berbagai proyeknya, telah membina sekitar 3000 UMKM.

 

Comments

comments




0 thoughts on “Kemendag Gandeng Sinar Mas Land Gelar FGD ‘Standar Pengolaan Pasar dan SOP Pengolaan Pasar’”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Jakarta News Wire