Take a fresh look at your lifestyle.

Bekraf Seleksi 20 Desainer Muda Bertalenta Lewat Program ORBIT

0 1,547
foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) Indonesia menggulirkan program bertajuk ‘ORBIT’, yang merupakan program Seleksi Desainer Indonesia yang bakal menyeleksi 20 finalis desainer muda bertalenta.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desainer muda, yang diharapkan mampu bersaing dengan desainer terdahulunya, baik di dalam dan luar negeri.

Joseph Pesik selaku Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) mengatakan, ORBIT merupakan seleksi desainer, bukan audisi.

Program ini menjadi wadah desainer muda untuk tumbuh berkembang dan berkelanjutan agar mampu berkontribusi terhadap bangsa dan negara.

Menurut Joseph, kriterianya sangat mudah, yaitu memiliki desain orginial dan tidak plagiat.

Related Posts
1 daripada 6,817

“Kedua puluh desainer muda hasil seleksi para kurator akan diberikan pendampingan dan pelatihan mentor yang berkompeten, sesuai dengan bidang profesi seperti desain Arsitektur, Desain interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Fashion, Desain Tata Cahaya, Desainer Produk, Desain Tekstil, Kriya dan Lanskap,” terang dia di Jakarta, Sabtu (12/8/2017) malam.

foto : jakartakita.com/edi triyono
foto : jakartakita.com/edi triyono

Sementara itu, Poppy Savitri selaku Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf menambahkan, program ini merupakan bukti komitmen pemerintah yang semakin peduli dengan para pemuda yang berprestasi, dengan memberikan wadah berkarya.

Adapun tahapan pelaksaan kegiatan, meliputi; Tahap 1 di bulan Juli minggu ke-4 nominator dan wawancara di hadapan tim kurator dimana peserta wajib membawa maket atau contoh.

“Tahap 2 bulan Agustus minggu ke-1. Penetapan 20 desainer terpilih akan langsung menjalani program inkubasi dengan tujuan pelatihan dan penyempurnaan maket/dummy/mock up/puwarupa yang mereka buat,” lanjut Poppy.

Orbit memiliki tim panitia berkompeten di bidangnya, seperti; Mochammad Refrajaya (Desainer Interior), Mizan Allan De Neve (Desainer Produk), Nuniek Mawardi (Desainer Fashion), Areif Budiman (Desainer Komunikasi Visual) dan Eko Prawoto (Arsitek) dan juga para tim kurator seperti Francis Surjaseputra (Desainer Interior), I. Hastjarjo Boedi Wibowo (Desainer Komunikasi Visual), Ali Charisma (Desainer Fashion), Andrie Trisaksono (Desainer Produk), Muhammad Sagita (Arsitek) dan Kahfiati Kahdar (Desainer Tekstil).

Bekraf sendiri, sebelumnya telah menggulirkan sebuah program yang inspiratif bertajuk ‘IKKON’ (Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara).  (Edi Triyono)

Tinggalkan komen