Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Wakapolri Komjen Pol. Syafruddin Pimpin Delegasi Indonesia di Ajang KTT D-8

183
foto : istimewa

Jakartakita.com – Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Pol. Syafruddin resmi memimpin delegasi Indonesia di ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) D-8 yang kesembilan di Istanbul, Turki.

KTT yang dihelat di Lutfi Kirdar International Convention and Exhibition Center ini, berlangsung selama dua hari, dari tanggal 17-20 Oktober 2017, dan diawali dengan pertemuan dewan menteri luar negeri.

Selanjutnya, akan diikuti dengan pertemuan komisi dengan tema “Memperluas Peluang Melalui Kerja Sama.”

Ada sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan di tingkat komisi ini, di antaranya; kegiatan organisasi dan juga kerja sama di antara para anggota D-8, termasuk pembahasan agenda pada tahun 2018 mendatang.

Dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Kamis (19/10/2017) disebutkan, bahwa KTT D-8 ini fokus membahas mengenai perdagangan dan saling berbagi pengalaman. Selain itu, para anggota delegasi juga membahas masalah teknologi.

Rencananya, KTT D-8 ini akan ditutup dengan pertemuan para kepala negara anggota D-8. Indonesia sendiri dalam KTT ini diwakili oleh Wapres Jusuf Kalla.

Selain itu, KTT D-8 ini akan mengeluarkan Deklarasi Istanbul, Rencana Aksi Istanbul, dan penandatanganan naskah kerja sama antara anggota D-8 dan Bank Pembangunan Islam (IDB).

Asal tahu saja, KTT D-8 ini merupakan kumpulan delapan negara yang juga menjadi anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Kedelapan negara tersebut adalah Mesir,Indonesia, Malaysia, Iran, Nigeria, Turki, Pakistan, dan Bangladesh.

Adapun Kelompok D-8 ini diinisiasi oleh Turki pada tahun 1997 dan Istanbul ditetapkan sebagai lokasi Sekretariat kelompok ini.

Sekjen pertama D-8 ini dijabat oleh Dipo Alam dari Indonesia yang bertugas pada tahun 2009-2012. (Edi Triyono)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: