Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Riset : Tren Perjalanan Liburan Akhir Tahun dengan Kereta Api Meningkat

138
foto : istimewa

Jakartakita.com – Liburan Natal dan akhir tahun selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu sepanjang tahun. Pada kesempatan ini, sebagian besar masyarakat memanfaatkannya untuk berlibur.

Di saat yang sama, permintaan pemesanan moda transportasi pasti akan jauh lebih meningkat. Salah satunya adalah pemesanan tiket kereta api.

Baru-baru ini, Pegipegi sebagai salah satu Online Travel Agent yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat,dan tiket kereta api, melakukan riset untuk mengetahui tren pemesanan tiket kereta api jelang libur Natal dan tahun baru 2018.

Dalam laporannya, terungkap bahwa masyarakat sudah mulai mempersiapkan perjalanan akhir tahun dengan menggunakan kereta api bahkan sejak awal Oktober atau H-90 keberangkatan.

“Sampai saat ini, sudah mulai terlihat adanya peningkatan pemesanan tiket kereta api sebanyak 18 persen. Angka tersebut dirangkum selama periode pemesanan 24 September sampai dengan 4 Oktober 2017 untuk periode keberangkatan tanggal 23 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018,” terang Takeo Kojima selaku CEO Pegipegi, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com baru-baru ini.

Ditambahkan, puncak keberangkatannya sendiri diprediksi terjadi pada hari Sabtu, 23 Desember 2017. Sementara, puncak arus balik terjadi pada hari Senin, 1 Januari 2018.

“Diprediksi peningkatan pemesanan akan meningkat drastis di akhir November, yaitu pada H-3 sampai H-1 minggu jelang keberangkatan. Berbeda dari Lebaran, fenomena masyarakat untuk libur Natal dan tahun baru justru lebih suka yang dadakan. Jadi, kalau tidak sigap dan cepat, kemungkinan besar tidak akan kebagian,” jelas Kojima.

Berdasarkan data internal pembelian tike tkereta api di Pegipegi tahun 2016, diketahui bahwa Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan terakhir Cirebon menjadi destinasi favorit pengguna kereta api.

Di Tahun 2017 ini, Pegipegi memprediksikan destinasi favorit untuk libur Natal dan tahun baru 2018 tidak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Sampel data ini diambil dari pemesanan tiket kereta api keberangkatan Stasiun Gambir pada 23 Desember 2017 ke destinasi-destinasi tersebut, yang sudah hampir habis terjual sampai dengan 50 persen.

Pada tanggal tersebut, kereta api menuju Bandung dari Stasiun Gambir tersisa kereta api Argo Parahiyangan kelas Ekonomi dan Eksekutif.

“Ketersediaan tiket kereta api jelang libur Natal dan Tahun Baru 2018 memang masih tersedia, tapi kami menghimbau masyarakat, khususnya yang akan menggunakan kereta api untuk merencanakan perjalanannya sesegera mungkin. Perlu diketahui, liburan ini merupakan peak season,” tutur Kojima.

Sementara itu, menyambut musim liburan ini, Pegipegi menyediakan berbagai program menarik yaitu diskon sampai 10 persen yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya pengguna jasa layanan kereta api.

Program tersebut dihadirkan Pegipegi bersama bank-bank partner seperti BNI,  BCA, Permata, CIMB Niaga, Citibank, OCBC NISP, UOB, dan Mandiri. Bukan anya kereta api, promo tiket pesawat dan pemesanan hotel juga tersedia di Pegipegi. (Hendry)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: