Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Crowdfunding Mekar.id Permudah Masyarakat Berinvestasi Sambil Dukung Karya Anak Negeri

242
foto : istimewa

Pasardana.id – Mekar.id (PT Mekar.id Investama Sampoerna), sebuah perusahaan fintech yang bergerak di bidang peer to peer lending, pada hari ini, Kamis (16/11/2017) di Jakarta, meluncurkan fitur terbarunya, yakni crowdfunding.

Dengan adanya fitur terbaru ini, 7 juta wirausahawan dan 114 juta orang di 58 juta unit UMKM di Indonesia kini dapat menikmati kemudahan dalam mencari dukungan finansial untuk bisnisnya.

Thierry Sanders, Chief Executive Officer Mekar.id menjelaskan, berbeda dengan platform crowdfunding lainnya, bisnis-bisnis yang menggalang dukungan melalui fitur crowdfunding Mekar.id telah melalui proses seleksi, sehingga hanya mereka yang telah beroperasi selama sedikitnya satu tahun dan menunjukkan performa atau sistem produksi yang baik, yang bisa membuat campaign di Mekar.id.

“Bagi para investor, ini berarti bahwa bisnis-bisnis yang ada di Mekar.id memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan di banyak platform crowdfunding lainnya, di mana semua bisnis dengan kondisi apapun juga dapat menggalang dana,” terang Thierry di acara press conference di Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Irawan Kadarman, Komisaris Utama PT Mekar.id Investama Sampoerna menambahkan, layanan crowdfunding Mekar.id memfasilitasi masyarakat Indonesia agar dapat berpartisipasi dalam mendanai pertumbuhan dan inovasi usaha-usaha kecil.

Lebih rinci diungkapkan, suatu bisnis yang ingin menggalang dukungan melalui fitur crowdfunding Mekar.id.id dapat memilih dari dua jenis model pendanaan: Bagi Hasil dan Pre-order.

Dalam skema Bagi Hasil, jelas dia, investor yang menginvestasikan uangnya untuk mendukung sebuah campaign dan akan memperoleh pembayaran secara periodik, yang besarnya dihitung berdasarkan persentase tertentu dari penjualan yang dicatatkan oleh bisnis tersebut.

Adapun usaha-usaha kecil juga dapat memanfaatkan fitur crowdfunding di Mekar.id untuk mencari pembeli produk mereka. Investor dapat mendukung UMKM-UMKM ini dengan cara melakukan pemesanan awal (pre-order) melalui website Mekar.id, dengan harga yang kadang lebih murah dari harga retailnya.

“Dukungan dari para investor akan membantu usaha-usaha kecil ini membayar biaya produksi produknya dalam jumlah besar,” tandasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: