Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

XL Future Leaders Angkatan ke-6 Resmi Dimulai, Beri Penyandang Disabilitas Kesempatan Sama untuk Maju

129
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com –  Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. bersama Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin meresmikan pembukaan tahun ajaran baru Program XL Future Leaders, yang merupakan angkatan ke-6 di Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Dalam kesempatan ini, Mohamed Adlan menekankan, bahwa Program XL Future Leaders (XLFL) memberikan kesempatan yang sama bagi semua mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia untuk mendapatkan akses pada pendidikan soft-skills yang berkualitas, termasuk kepada para mahasiswa berkebutuhan khusus atau difabel.

“XL Future Leaders angkatan ke-6 ini cukup spesial sebab salah satu dari 150 mahasiswa yang lolos hingga seleksi awal adalah penyandang tunanetra. Hebatnya lagi, mahasiswa ini sejak awal mampu melalui semua tahap seleksi secara baik tanpa ada yang dibedakan dan terbukti mampu bersaing di antara lebih dari 12 ribu pendaftar yang mengikuti seleksi. Kami ikut senang dengan keberhasilannya yang merupakan bukti dari hasil kerja keras dan semangat yang tidak kenal menyerah meski memiliki keterbatasan fisik. Hal ini juga menunjukkan bahwa program XL Future Leaders yang telah kami jalankan sejak 2012 mampu menarik minat dan menginspirasi para mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia untuk ikut serta dalam program ini, termasuk juga para mahasiswa berkebutuhan khusus,” terang Adlan.

Ditambahkan, sejak pendaftaran dibuka sepanjang April – Mei 2017, lebih dari 12.500 mahasiswa yang berasal dari 240 universitas negeri dan swasta mendaftar di program ini.

Mereka mengikuti serangkaian seleksi sepanjang Juni – September 2017, mulai dari tahap seleksi kelengkapan administrasi, seleksi tertulis yang dilaksanakan serentak secara online, diakhiri dengan seleksi studi kasus dan wawancara di 7 kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Akhirnya, setelah melalui penilaian yang ketat, terjaring 150 mahasiswa yang berhak atas beasiswa khusus untuk mengikuti program “XL Future Leaders Global Thinking”.

Kini, tidak kurang dari 550 orang alumni XLFL telah memiliki bekal keahlian dari program ini untuk merebut posisi-posisi penting di berbagai bidang di masa depan.

Para alumnus berasal dari 76 kampus negeri dan swasta, dan berdomisili di 30 provinsi. Sebanyak 153 orang di antaranya sudah lulus sarjana, dan kini berkarya di berbagai sektor industri, termasuk menjadi aktivis pemberdayaan potensi masyarakat. Beberapa di antara alumni juga telah mampu menciptakan program untuk kepentingan publik yang kemudian diadopsi oleh pemerintah daerahnya.

Adapun dalam kesempatan ini, juga diumumkan rencana event bernama “XL Axiata 2018 Asia Young Leaders Summit”, yang akan dilaksanakan sekitar November 2018.

Program ini akan mengundang para mahasiswa dari beberapa negara yang selama ini telah menerima program sejenis XL Future Leaders dari perusahaan-perusahaan di bawah Axiata Group, antara lain dari Malaysia, Singapura, Kamboja, Bangladesh, Srilanka, India, Nepal, dan beberapa negara di Asia lainnya.

Sesuai namanya, pada program ini para peserta, anak-anak muda berbakat dari berbagai negara tersebut akan bertemu satu sama lain, bertukar pikiran, berbagi pengetahuan, dan peluang untuk membuat suatu aktivitas bersama.

foto : jakartakita.com/edi triyono

Selain itu, mereka juga akan belajar bersama dari pakar-pakar yang akan diundang termasuk para pembicara internasional. Dengan demikian, para peserta akan semakin banyak mendapatkan bekal untuk menghadapi tantangan di masa depan dalam memajukan daerah atau negara masing-masing.

Sementara itu, seiring dengan terus bertambahnya jumlah alumni dan semakin banyaknya aktifitas sosial yang mereka lakukan bersama-sama, para alumni XL Future Leaders bersepakat untuk mendirikan “Yayasan Pemuda Indonesia Berkarya”.

Melalui yayasan ini, mereka berharap dapat memperluas jangkauan dan sekaligus dampak positif dari berbagai aktifitas sosial yang mereka lakukan.

XL Axiata selanjutnya juga akan menjalin kerjasama dengan mereka dalam mengimplementasikan sejumlah program CSR di daerah, sekaligus memberikan dukungan kelembagaan kepada yayasan ini.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: