Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Ini Dia Para Jawara Zen Food Plating Competition 2017

326
foto : istimewa

Jakartakita.com – Bertempat di Verde Apartment Jakarta, Sabtu (9/12), ACMI –  perkumpulan Aku Cinta Makanan Indonesia, William Wongso Kuliner; dan Zen Tableware menggelar pemilihan pemenang acara Zen Food Plating Competition yang telah berjalan dari tanggal 31 Oktober hingga 30 November 2017 lalu.

Dari 10 finalis kategori non-profesional dan 10 finalis kategori professional yang terpilih, tampil sebagai pemenang adalah:

Kategori Non-Professional :

Juara 1 : Dini Maharani (@dinimaharanii)

Juara 2 : Hari Susana (@harisusana)

Juara 3 : Brian Ardianto (@brianardianto)

Juara Favorit : Rini Handayani (@rinicitrainsta)

Kategori Professional :

Juara 1 : Miartadi (@chef_adie_miartadi)

Juara 2 : Vera Tjuatja (@veratjuatja)

Juara 3 : Novia Aryanni (@novianaaay)

Juara Favorit : M. Hafidh (@chef_bakrie)

Sebelumnya, ratusan foto yang menampilkan berbagai kreativitas food plating telah diunggah di Instagram dan Facebook menggunakan tagar #ZenFoodPlatingCompetition sejak tanggal 7 Desember 2017.

Adapun para finalis harus datang dengan masakan yang sudah diolah di rumah. Mereka mendapat kesempatan memanaskan makanan di lokasi babak final, kemudian menata makanan kreasi mereka itu di hadapan dewan juri dan media.

Finalis mendapat waktu selama 30 menit untuk menata masakannya menggunakan peranti dari ZEN yang dipilih dari katalog ZEN Tableware yang disediakan panitia.

Dengan misi membawa tradisi kuliner Indonesia ke skala internasional, kompetisi ini terbuka bagi WNI berusia 17-55 tahun.

Sesuai peraturan lomba, mereka mengunggah foto plating hidangan utama (main course) yang karbohidratnya berupa tumpeng mini beserta kombinasi protein dan sayuran yang seimbang, dan foto hidangan penutup (dessert).

Peserta juga diminta mencantumkan resep masakannya di keterangan foto, sehingga perlombaan ini memiliki manfaat lebih banyak bagi masyarakat luas.

foto : istimewa

Babak final ini juga diramaikan demo memasak dan plating oleh Chef Andrian Ishak, spesialis molecular gastronomy yang konsisten mengolah hidangan Indonesia.

Pakar kuliner Indonesia, William Wongso mengungkapkan, ajang ini lebih dari sekadar perlombaan yang menarik bagi para foodies yang senang berbagi foto makanan di media social.

Menurutnya, Zen Food Plating Competition adalah ajang yang positif untuk meningkatkan apresiasi terhadap masakan Indonesia, baik dari masyarakat Indonesia sendiri maupun publik internasional.

“Kompetisi ini diharapkan dapat kami selenggarakan secara rutin satu tahun sekali, untuk terus meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat atas pentingnya menata masakan dengan penuh cita rasa, serta pemilihan piranti makan yang mendukung, sebagai bagian dari persiapan penyajian hidangan bagi keluarga maupun bagi penikmat kuliner lainnya,” tandas William Wongso, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Senin (11/12) lalu.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: