Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Barcelona Gasak Madrid 3-0 di Bernabeu

137

Jakartakita.com – Barcelona berhasil menggasak tim tuan rumah Real Madrid dalam duel El Clasico yang berlangsung di Estadio Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (23/12/2017). Gol-gol Blaugrana dalam pertandingan ini dihasilkan Luis Suarez (54′), Lionel Messi (64′ pen), dan Aleix Vidal (90’+3′).

Madrid bermain dengan hanya 10 pemain di lapangan sejak menit ke-63 pertandingan La Liga ini. Daniel Carvajal menerima kartu merah setelah dengan sengaja melakukan handsball di kotak penalti Madrid dalam upaya memblok sundulan Paulinho.

Kemenangan yang diraih memantapkan posisi tim asuhan pelatih Ernesto Valverde di puncak klasemen. Barcelona kini mengoleksi 45 poin dari 17 pertandingan, unggul sembilan poin dari Atletico Madrid yang berada di peringkat dua klasemen.

Sedangkan kekalahan memalukan yang dialami di kandang sendiri memaksa Madrid asuhan pelatih Zinedine Zidane tertahan di peringkat empat klasemen dengan perolehan 31 poin.

Sebelum pertandingan dimulai, kapten Madrid Sergio Ramos memamerkan Piala Dunia Antarklub yang baru-baru ini diraih Los Merengues. Trofi tersebut disambut para penonton di Bernabeu dengan tepuk tangan meriah.

Laga baru berjalan dua menit, Ronaldo telah menyarangkan bola ke gawang Barcelona dengan sebuah sundulan. Namun tak terjadi gol karena ia sudah berada dalam posisi offside dalam proses melakukan sundulan.

Sekitar setengah jam babak pertama berjalan, sepakan keras Paulinho memanfaatkan umpan terobosan Messi dapat ditepis kiper Madrid Keylor Navas keluar lapangan. Semenit berselang, berganti tendangan Ronaldo yang berhasil ditepis kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen keluar lapangan.

Pada menit ke-39, sundulan Paulinho ditepis Navas keluar lapangan. Tiga menit berselang, sundulan Karim Benzema menyambar bola yang diluncurkan Marcelo membuat si kulit bundar menerpa tiang gawang kiri Barcelona. Kedudukan 0-0 bertahan sampai turun minum.

Memasuki menit ke-54, Suarez membuka keunggulan Barcelona. Ivan Rakitic menggiring bola dari tengah lapangan lalu memberi umpan kepada Sergi Roberto yang merangsek masuk kotak penalti Madrid. Dengan sebuah sentuhan, bola disodorkan Roberto kepada Suarez yang kemudian menyarangkan si kulit bundar ke gawang tim tuan rumah dengan sepakan kaki kanan.

Suarez nyaris menggandakan keunggulan Barcelona pada menit ke-63. Sepakannya usai mendapat operan dari Messi bisa diblok Navas. Bola rebound dikembalikan Suarez kepada Messi yang lalu mengoper kepada Suarez. Sebuah sepakan lalu dilakukan Suarez, tapi hanya membuat bola menerpa tiang gawang kiri Madrid.

Bola rebound kemudian memantul pemain Madrid dan disundul Paulinho. Dalam upaya menghentikan bola, Carvajal melakukan handsball. Ia pun diusir dari lapangan. Messi yang maju sebagai eksekutor penalti dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Melihat tim yang diasuhnya kehilangan satu pemain, Zidane mengganti Benzema dengan Nacho Fernandez. Dua pergantian pemain berikutnya dilakukan pada menit ke-72, Gareth Bale menggantikan Mateo Kovacic dan Marco Asensio menjadi subtitusi bagi Casemiro.

Pada menit ke-78, tendangan Bale dapat ditangkis Ter Stegen. Semenit berselang, tembakan Bale dari luar kotak penalti Barcelona juga berhasil dimentahkan sang penjaga gawang. Sekitar 10 menit babak kedua tersisa, sepakan Nelson Semedo dapat ditepis Navas keluar lapangan. Dua menit setelah itu, tendangan Ramos dapat ditepis Ter Stegen keluar lapangan.

Memasuki injury time, gol pamungkas laga yang membuat Barcelona unggul 3-0 dihasilkan Aleix Vidal. Umpan tarik Messi dapat dimaksimalkan Vidal menjadi gol dengan sepakan kaki kanan.

Laga ini menjadi laga terakhir yang dijalani kedua tim pada 2017 ini karena La Liga akan memasuki masa libur musim dingin. Kompetisi baru akan dimulai kembali Januari mendatang.

 

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Ramos (booked 59’), Varane, Marcelo (booked 83’), Carvajal (dismissed 63’); Casemiro (Asensio 72’), Kovacic (Bale 72’), Kroos, Modric; Benzema (Nacho 66’), Ronaldo

 

Barcelona: Ter Stegen; Vermaelen (booked 18’), Pique, Alba, Roberto (Vidal 90’+3’); Busquets (booked 88’), Rakitic, Iniesta (Semedo 77’), Paulinho (Gomes 84’); Suarez, Messi

 

Hasil pertandingan La Liga lainnya:

Valencia 0-1 Villarreal

Simone Zaza dismissed 60′ ; Carlos Bacca (24′) – Manu Trigueros dismissed 83′

Deportivo La Coruna 1-3 Celta Vigo

Florin Andone (59′) ; Daniel Wass (3′), Iago Aspas (40′, 53′)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: