Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

DBS Foundation Kucurkan Dana Hibah Sebesar Rp11 Miliar Kepada 14 Wirausaha Sosial di Kawasan Asia

Hal Ini Sebagai Bagian dari Social Enterprise Grant Programme 2017

448
foto : dok. DBS Foundation

Jakartakita.com – DBS Foundation resmi menyerahkan dana hibah sebesar lebih dari Rp11 miliar kepada 14 wirausaha sosial (SE) di kawasan Asia, termasuk 2 SE dari Indonesia, sebagai bagian dari Social Enterprise Grant Programme 2017, bertempat di Singapura, Selasa (16/1/18).

“Sebagai organisasi yang berorientasi pada tujuan, kami percaya bahwa sangat penting bagi kami untuk menciptakan dampak positif di luar perbankan. Kehadiran wirausaha sosial dengan menawarkan solusi inovatif dan berkelanjutan dibutuhkan untuk mengatasi berbagai tantangan sosial di wilayah Asia yang semakin berkembang pesat,” ujar Karen Ngui, Board Member DBS Foundation dan Head of Group Strategic Marketing & Communication DBS Bank, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Ditambahkan, solusi-solusi inovatif dari permasalahan sosial terkait ketahanan pangan, perlindungan lingkungan serta lapangan kerja inklusif wilayah, dihadirkan oleh para pemenang Social Enterprise Grant Program 2017 ini.

“Mereka memiliki model bisnis yang menjanjikan, serta siap memberikan dampak sosial yang signifikan. Selain memberikan dana hibah, kami berharap dapat bekerjasama dengan mereka, untuk menjalankan bisnis dengan baik dan memberikan pengayaan, baik melalui bimbingan, berbagai pengetahuan dengan wirausaha sosial yang berpengalaman lainnya, atau dengan menyediakan peluang pengadaan DBS,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut dijelaskan, tahun ini, DBS Foundation menerima aplikasi dari berbagai SE di seluruh Asia untuk program hibah ini.

Sedangkan kriteria dalam penyeleksian meliputi identifikasi kebutuhan sosial yang ditangani, inovasi bisnis, dan model bisnis berkelanjutan.

Dalam hal ini, SE dituntut untuk dapat menunjukkan bagaimana strategi yang dimiliki untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan dan memberikan dampak sosial.

Adapun hibah yang telah diberikan dengan kisaran 50,000 SGD sampai 160,000 SGD kepada wirausaha sosial di negara-negara DBS beroperasi, yaitu Singapura, Hong Kong, China, India, Indonesia dan Taiwan, bertujuan untuk mendorong agar para wirausaha sosial dapat menerapkan inovasi sosial di berbagai bidang seperti penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat marjinal, solusi perlindungan terhadap lingkungan dan pengelolaan limbah, dah ketahanan pangan.

Asal tahu saja, sampai saat ini, DBS Foundation telah menjangkau lebih dari 28.000 SE dan mendukung lebih dari 260 SE dengan dana hibah hingga 3,5 juta SGD.

Sebagai sebuah foundation yang didedikasikan untuk memperjuangkan tumbuh kembang wirausaha sosial, DBS Foundation juga bermitra dengan organisasi, sektor publik dan sosial yang mempunyai visi misi serupa, untuk mempromosikan pengembangan wirausaha sosial. (RS)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: