Take a fresh look at your lifestyle.

Dihadang Banyak Tantangan, GAPKI Optimis Ekspor Biodiesel 2018 Semakin Membaik

0 1,131
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Sepanjang tahun 2017, ekspor sawit Indonesia mencatat rekor tertinggi sepanjang sejarah, dengan volume ekspor sebesar 31,05 juta ton. Capaian tersebut naik sekitar 23% dibandingkan ekspor pada tahun 2016 yang sebanyak 25,11 juta ton.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) memprediksi, pada  tahun 2018 ini, nilai dan volume ekspor minyak sawit Indonesia akan meningkat sekitar 10%.

Meski demikian, Indonesia diperkirakan akan menghadapi tantangan berupa kampanye negatif dan isu yang menghambat perdagangan sawit ke luar negeri, termasuk untuk ekspor biodiesel.

“Hambatan perdagangan yang dilakukan oleh berbagai negara sangat ironis  dengan kinerja ekspor yang masih meningkat cukup signifikan,” ucap  Sekretaris Jenderal Gapki, Togar Sitanggang dalam konferensi pers di kantor  Gapki, Jakarta, Selasa (30/01/2018).

Related Posts
1 daripada 6,412

Lebih lanjut Togar memaparkan, beberapa hambatan yang masih dihadapi  industri sawit Indonesia, seperti; kampanye negatif dari dalam dan luar negeri  terkait isu hak asasi manusia, seperti pekerja anak dan perampasan hak  masyarakat adat.

Sementara itu, hambatan perdagangan juga muncul di berbagai negara. Mulai dari Amerika Serikat yang memberlakukan anti dumping untuk biodiesel  Indonesia. Kemudian adanya resolusi Parlemen Eropa yang menyebutkan pelarangan biodiesel berbasis sawit karena dinilai masih menciptakan banyak masalah dari deforestasi, korupsi, pekerja anak, sampai pelanggaran HAM.

Negara-negara Uni Eropa pun berencana menghentikan program biodiesel  berbasis sawit mulai tahun 2021 mendatang.

Lalu, ada India yang menaikkan pajak impor minyak sawit dua kali lipat di tahun 2017 dibanding tahun 2016.

Dan terakhir, ada Senat Australia yang kembali mengajukan RUU Competition and Consumer Amandment (Truth in Labeling – Palm Oil).

“Dalam kondisi ini, pemerintah diharapkan lebih jeli dalam melihat  permasalahan dan dihimbau untuk tidak mengeluarkan regulasi-regulasi yang  justru menghambat perkembangan industri sawit yang notabene saat ini  merupakan mesin penghasil devisa terbesar dalam menyokong perekonomian  Indonesia,” pungkas Togar.  (Edi Triyono)

 

Tinggalkan komen