Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pegipegi Bagikan Tips Pesan Tiket Kereta Api Jelang Mudik Lebaran 2018

216
foto : dok. Pegipegi

Jakartakita.com – Tidak terasa, sebentar lagi Lebaran. Untuk urusan mudik, saat ini, kereta api termasuk pilihan transportasi umum yang paling diminati oleh masyarakat, karena bebas dari kemacetan.

Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), pemesanan tiket mudik Lebaran sudah bisa dipesan mulai tanggal 7 Maret 2018 untuk keberangkatan H-10 (5 Juni 2018).

Menurut Ryan Kartawidjaja, selaku Deputy CEO Pegipegi, jika melihat data pemesanan tiket kereta api di Pegipegi tahun 2017 lalu, pemesanan tiket kereta api Lebaran paling favorit adalah pada H-3 dan H-1.

“Berdasarkan data booking kereta Lebaran tahun lalu, kami memprediksikan  periode mudik terfavorit tahun ini akan jatuh pada keberangkatan H-3 sampai H-1 (13-14 Juni 2018) yang bertepatan dengan jadwal cuti bersama dan H-7 Lebaran (8 Juni 2018) yang merupakan minggu terakhir sebelum cuti bersama,” terang Ryan dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Lebih lanjut dijelaskan, pada periode Lebaran tahun 2017 lalu, terlihat adanya kenaikan transaksi pemesanan tiket kereta api di Pegipegi sebanyak 250 persen dibandingkan periode hari biasanya.

Sedangkan untuk kota yang paling banyak dituju pada periode Lebaran tahun 2017 lalu adalah Yogyakarta, Kutoarjo (Purworejo), dan Semarang.

Sementara itu, harga tiket kereta api pada periode Lebaran ke kota-kota tersebut dimulai dari Rp 80.000 sampai Rp 485.000.

Sebagai Online Travel Agent (OTA) yang melayani pemesanan hotel, tiket pesawat, dan tiket kereta api, Pegipegi memberikan tips dan trik memesan tiket kereta api untuk momen Lebaran, agar lebih simpel.

Menurut Ryan, biasanya akan banyak yang berebut untuk mendapatkan tiket kereta api. Kalau kehabisan tiket pada menit saat tiket dibuka, disarankan untuk cek tiket kembali di 1 jam berikutnya (01.00-02:00) dan pantau terus daftar search tiket kereta api di Pegipegi.

“Karena kalau ada yang cancel atau telat melakukan pembayaran, kursi otomatis akan muncul atau tersedia kembali. Namun, jika tidak kebagian tiket reguler, maka bisa memesan tiket kereta api kelas Priority dengan kisaran harga mulai dari Rp 700.000 hingga Rp Rp 900.000,” jelasnya.

Nah, bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan kereta api, Pegipegi memberikan tips dan trik yaitu; tentukan tanggal keberangkatan atau kepulangan mudik, lalu cek kapan penjualan tiket tersebut akan dibuka.

Jangan lupa siapkan koneksi internet yang bagus dan terpercaya untuk membeli tiket tengah malam, karena jadwal kereta di update pada pukul 00:01.

Pastikan juga membeli tiket kereta di OTA karena tahun ini PT. KAI tidak membuka vending machine tengah malam.

Selain itu, siapkan metode pembayaran yang kategorinya pembayaran cepat seperti kartu kredit atau internet banking.

Untuk semakin memudahkan masyarakat melakukan pemesanan tiket kereta api Lebaran, Pegipegi menyediakan fitur “Daftar Penumpang”. Fitur ini bisa digunakan di halaman profil di aplikasi Pegipegi. Pelanggan harus mengisi identitas penumpang lebih dahulu, maka sewaktu-waktu melakukan pemesanan tiket, masyarakat hanya perlu memilih ‘Data Penumpang’ yang sudah tersimpan, dan identitas sudah otomatis terisi. (Hendry)

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: