Take a fresh look at your lifestyle.

YKI – UICC Kerjasama Penanggulangan Kanker Melalui Pertukaran Informasi & Metoda Perawatan Paliatif

0 1,598
foto : istimewa

Jakartakita.com – Dalam rangka menanggulangi kanker di dunia, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Union for International Cancer Control (UICC) menjajaki kerjasama penganggulangan kanker melalui pertukaran informasi dan metoda perawatan paliatif guna mendapatkan best practices yang akan digunakan untuk memaksimalkan kualitas hidup dan perawatan paliatif kanker.

“Yayasan Kanker Indonesia merupakan anggota UICC sejak 1981, dan kami membuka peluang kerjasama dengan UICC dengan memberikan modul dan metoda pelatihan perawatan paliatif kanker yang telah sukses dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia untuk dapat dibagi pengalamannya kepada negara lain di dunia melalui UICC. Penjajakan kerjasama ini juga untuk mendapatkan sertifikasi global bagi tenaga perawatan paliatif dari Indonesia,” terang Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP, dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Senin (19/3/2018).

Related Posts
1 daripada 6,196

Sementara itu, Dr. Julie Torode, Deputi CEO dan Direktur Advokasi & Jaringan UICC mengatakan, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Yayasan Kanker Indonesia untuk membangun sebuah jaringan yang terdiri atas komunitas tenaga relawan berkualifikasi dari seluruh Indonesia dalam perawatan paliatif kanker yang dilakukan di rumah, yang merupakan tahap kritis dan sangat penting dalam mendukung perawatan pasien-pasien kanker dan keluarganya, pada waktu yang sangat dibutuhkan.”

Perawatan paliatif merupakan bagian integral dari pendekatan terapetik terhadap pasien penyakit tidak menular seperti kanker, yang tidak hanya menekankan pada gejala fisik, namun juga pada meningkatkan kualitas hidup seorang pasien secara psikososial dan spiritual.

Perawatan paliatif dapat meningkatkan kualitas hidup pasien maupun bagi keluarganya yang berhadapan langsung dengan pasien penyakit yang mematikan tersebut.

 

Tinggalkan komen