Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

RUPST Astra Otoparts Sepakat Bagikan Dividen Sebesar Rp 221,7 Miliar

328
foto : dok. Astra Otoparts

Jakartakita.com – Rapat Umum Pemegang Saham tahunan (RUPST) PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts) yang di gelar Jumat, 13 April 2018, menyetujui 40% dari laba bersih yang didapat perseroan atau sebesar Rp 221,7 miliar untuk dibagikan sebagai dividen final dengan harga Rp 46 per lembar saham.

“Dari laba, 40% akan dibagikan dividen,” jelas Direktur Utama Astra Otoparts, Hamdhani Zulkarnaen Salim, saat paparan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Lebih lanjut dijelaskan, Kinerja Keuangan Konsolidasian PT Astra Otoparts Tbk Tahun 2017 sepanjang tahun 2017, membukukan Pendapatan Bersih (Net Revenue) sebesar Rp 13,5 triliun, meningkat 5,8% dibandingkan pendapatan bersih pada tahun 2016 sebesar Rp 12,8 triliun.

Peningkatan pendapatan bersih terutama disebabkan oleh naiknya penjualan produk sebesar 2,5% di pasar pabrikan otomotif (Original Equipment Manufacturer/OEM) untuk kendaraan bermotor roda empat dan roda dua maupun kenaikan sebesar 9,7% untuk suku cadang pengganti (Replacement Market/REM) di pasar domestik dan internasional.

Sementara Beban Usaha (Operating Expenses) tahun 2017 sebesar 1,4 triliun atau cenderung stabil dibandingkan beban usaha tahun 2016.

Adapun kenaikan beban penjualan Perseroan sebesar 1,5%, dapat diimbangi dengan efisiensi dan kontrol biaya secara cermat di seluruh unit Perseroan, ditengah meningkatnya upah minimum dan biaya karyawan untuk mendukung kegiatan pemasaran dan perluasan segmen penjualan.

Hamdhani juga mengungkapkan, bagian laba bersih entitas asosiasi dan ventura bersama memberi kontribusi sebesar Rp 335,4 miliar di tahun 2017, atau tumbuh signifikan sebesar 46,0% dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp 229,8 miliar.

“Peningkatan kontribusi yang signifikan ini sejalan dengan meningkatnya permintaan dari industri otomotif, strategi lokalisasi atas beberapa material pada entitas asosiasi dan ventura bersama untuk menghadapi peningkatan harga bahan baku, serta membaiknya kinerja keuangan dari entitas asosiasi dan ventura bersama yang baru beroperasi dari tahun 2015,” jelasnya.

Ditambahkan, akibat dari berbagai kondisi yang telah diuraikan di atas, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk pada tahun 2017 meningkat sebesar Rp 133,2 miliar atau sebesar 31,9% menjadi Rp 551,4 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 418,2 miliar.

Sementara itu, hasil RUPST juga menyetujui perubahan Direksi dan Dewan Komisaris, yakni dengan mengangkat Yusak Kristian Solaeman sebagai Direktur Independen Perseroan dan Wanny Wijaya sebagai Direktur Perseroan yang baru.

Dengan demikian, susunan anggota Direksi Perseroan menjadi;

Presiden Direktur : Hamdhani Dzulkarnaen Salim

Direktur Independen : Yusak Kristian Solaeman

Direktur : Aurelius Kartika Hadi Tan

Direktur : Lay Agus

Direktur : Kusharijono

Direktur : Agus Baskoro

Direktur : Wanny Wijaya

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: