Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kampoeng Tempo Doeloe di Ajang JFFF 2018 Hadirkan 10 Soto Nusantara 

200
foto : istimewa

Jakartakita.com – Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) merupakan perayaan akbar tahunan yang diselenggarakan sejak 2004 oleh Summarecon dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta serta didukung pula oleh Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI.

Memasuki penyelenggaraan ke-15, Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) telah menjadi acara tahunan yang lekat di hati penggemar mode dan pecinta kuliner Nusantara, serta para pelaku industrinya.

Tahun 2018 ini, JFFF digelar mulai tanggal 5 April – 6 Mei 2018 di Summarecon Kelapa Gading dengan rangkaian acara Fashion Festival dan Food Festival.

“Untuk ke-15 kalinya JFFF masih konsisten dengan visi mengangkat citra, harkat dan martabat bangsa Indonesia di kancah internasional melalui sektor industri kreatif berbasis budaya. Kehadirannya telah menjadi sebuah program yang konsisten untuk terus melestarikan serta mengembangkan nilai budaya dan kekuatan perekonomian Indonesia melalui industri mode dan kuliner yang berbasis budaya,” ujar Chairman JFFF, Soegianto Nagaria dalam siaran pers, Minggu (22/4). 

Dijelaskan, khazanah kuliner Nusantara merupakan salah satu contoh bahwa keragaman bisa menjadi kekayaan suatu bangsa.

Wacana tersebut juga menjadi salah satu inspirasi JFFF untuk konsisten turut andil dalam mendukung industri kuliner Indonesia melalui Food Festival dengan Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) dan Wine & Cheese Expo.

“Tahun ini, Kampoeng Tempo Doeloe atau biasa disebut KTD diselenggarakan mulai 5 April – 6 Mei di La Piazza, mengangkat tema dekorasi ‘Tropical Garden’, diikuti oleh 90 peserta UKM maupun pengusaha kuliner, sehingga menghasilkan lebih dari 200 ragam menu Nusantara,” jelasnya.

Sementara itu, setelah sukses menyelenggarakan Kompetisi Mie Warisan Nusantara tahun lalu, maka tahun ini KTD mengangkat Soto Nusantara yang sekaligus mendukung program Bekraf untuk mempromosikan Soto “A Spoonful of Indonesian Warmth” ke dunia.

Berikut adalah 10 Soto Nusantara yang dapat Anda cicipi kelezatan rasanya di KTD 2018:

1. Coto Makassar H. Daeng Tayang

2. Pallubasa Onta Makassar

3. Soto Betawi H. Mamat

4. Soto Kadipiro Yogyakarta

5. Soto Kesawan Medan

6 Soto Madura Bpk. H. Ngatidjo

7. Soto Padang H. St. Mangkuto

8. Soto Jakarta Pak H. Yus

9. Soto Trisakti Solo

10. Tauto Bumbu Pekalongan

Ditambahkan, event lainnya dalam rangkaian Food Festival JFFF yaitu sebuah expo yang diharapkan dapat terjadi kegiatan pertukaran budaya dan semakin meningkatkan citra positif budaya Indonesia di mata dunia internasional, dimana di dalamnya hadir ekshibisi varian produk keju, coklat, bahan masak, hingga wine dengan partisipasi serta kemitraan dengan beberapa kedutaan negara sahabat seperti Hungaria dan Australia.

Wine & Cheese Expo hadir mulai 5 – 29 April di Multi Purpose Hall, La Piazza. Selain expo, Wine & Cheese Expo juga menjadi tempat diselenggarakannya kompetisi bagi para seniman penyaji wine atau lebih dikenal dengan istilah Sommelier, di antaranya; Jakarta Best Sommelier Competition pada 9 April 2018.

Pengalaman dengan Chef terkemuka juga dihadirkan dalam Wine Dinner with Chef Adhika Maxi dan Chef Stefu Santoso by Yukmakan.

Dalam raangka menyemarkan kegiatan acara, Wine & Cheese Expo 2018 juga mengadakan Thai Cooking Food Contest by Tourism Authority of Thailand & Yukmakan.com, Cooking Demo, dan Eating Competition.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: