Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Startup TaniGroup Raih Pendanaan Pra-Seri A Senilai Jutaan Dolar Dari Alpha JWC Ventures

780
foto : istimewa

Jakartakita.com — TaniGroup, startup yang bergerak di bidang agrikultur digital, mengumumkan pendanaan pra-seri A senilai jutaan dolar dari Alpha JWC Ventures dan beberapa angel investor.

Dengan pendanaan ini, TaniGroup berencana untuk meningkatkan kapasitas mereka serta memperluas pasar, baik domestik maupun ekspor, serta jaringan petani.

“Sejauh ini, kami telah mendukung sekitar 16.000 petani yang tergabung dalam 600 kelompok tani. Berkat peningkatan efisiensi dalam distribusi hasil panen, pendapatan mereka (para petani) meningkat hingga rata-rata 30% dari sebelumnya,” jelas Eka Pamitra, Co-Founder sekaligus President TaniGroup dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

Dijelaskan, bisnis TaniGroup bergerak dalam dua lini utama, yaitu TaniHub, sebuah e-commerce yang menghubungkan petani langsung dengan pembeli korporasi (supermarket, hypermarket, hotel, dan restoran), dan TaniFund, sebuah crowdfunding platform yang menyediakan sarana investasi bagi masyarakat umum, serta pembiayaan bagi kelompok tani yang ingin mengembangkan usahanya.

TaniGroup juga meluncurkan beberapa program yang menyasar usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bidang Food & Beverages (F&B) dan ritel fresh goods melalui program ‘Restopreneur’, ‘Juicepreneur’, dan ‘Storepreneur’.

Ketiga program ini, yang bernaung dibawah nama TaniPreneur, menawarkan beberapa keuntungan kepada para UMKM, mulai dari penyediaan bahan baku, keringanan modal usaha, hingga konsultasi usaha dengan pakar industri.

Ditambahkan, tidak hanya aspek bisnis saja yang menjadi fokus TaniHub dan TaniFund, namun aspek social impact serta kelestarian lingkungan juga menjadi misi mereka.

“Selain membantu meningkatkan kesejahteraan petani mitra kami beserta keluarganya, kami ingin mengarahkan mereka untuk bisa menerapkan praktek sustainable farming yang ramah lingkungan dalam seluruh proses pembudidayaan mereka,” jelas Eka.

Dalam beberapa tahun ke depan, lanjut dia, TaniGroup menargetkan untuk menjadi kontributor besar di sektor agrikultur digital yang memiliki kolaborasi kuat dengan pemain konvensional maupun pemain digital lainnya.

Lebih lanjut, Ivan Arie, co-founder sekaligus CEO TaniGroup mengungkapkan, yang membuat TaniHub dan TaniFund istimewa adalah layanan end-to-end.

foto : istimewa

“Kami memiliki tim di lapangan untuk mengawasi jalannya seluruh proses, tim spesialis yang mendampingi para petani, serta platform e-commerce yang siap menyerap seluruh hasil panen mereka,” ujarnya.

“Jadi kami tidak hanya memberikan dana tapi juga pendampingan dari awal hingga akhir, sehingga resiko bisnis dapat diminimalkan,” sambungnya.

Sementara itu, Alpha JWC Ventures berharap pendanaan terbaru ini bisa memperluas jaringan TaniGroup dan mendorong perkembangan TaniGroup yang lebih pesat di Indonesia.

“Agrikultur adalah industri vital bagi Indonesia dan TaniGroup berhasil menyediakan solusi yang dapat menciptakan efisiensi dalam rangkaian bisnis pertanian yang kompleks,” jelas Jefrey Joe, salah satu pendiri dan Managing Founder Alpha JWC Ventures.

“Sejalan dengan fokus kami untuk memajukan Indonesia, Alpha JWC Ventures siap untuk bekerja sama dengan TaniGroup untuk terus memberikan nilai tambah, mempercepat inovasi, serta membawa pengaruh positif bagi industri agrikultur Indonesia,” tandasnya.

 

 


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: