Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Festival Pendidikan Sinar Mas Land 2018 Usung ‘Gerakan Sekolah Menyenangkan’

SML Serahkan Bantuan Pendidikan Sebesar Rp 480 Juta Kepada 330 pelajar SD hingga SMU/Sederajat di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan

190
foto : dok. Sinar Mas Land

Jakartakita.com – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, sekaligus sebagai bagian dari salah satu program corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk menyelenggarakan Festival Pendidikan Sinar Mas Land 2018, dengan mengangkat tema ‘Bangun Keunggulanmu dengan Kreativitas’.

Festival ini, merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya. Tahun ini diadakan di Ocean Plaza-Ocean Park BSD City,  Kamis, 03 Mei 2018.

“Dasar pemikiran dari tema yang kami angkat kali ini adalah melihat kenyataan akan dunia yang terus berubah dan penuh dengan persaingan bagi anak-anak di masa datang. Dalam keadaan demikian, kreativitas menjadi faktor penting dalam menciptakan perubahan. Anak-anak yang mampu menciptakan perubahan, tentu akan unggul, dengan demikian anak-anak yang memiliki kreativitas akan membawa mereka menuju masa depan yang lebih baik,” ujar Direktur PT BSD Tbk, Syukur Lawigena dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Kamis (03/5/2018).

Dalam kesempatan ini, Sinar Mas Land menyerahkan bantuan pendidikan sebesar Rp480 juta kepada 330 pelajar SD hingga SMU/sederajat di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Mulai tahun ini pula, SML memberikan penghargaan kepada 100 guru berdedikasi tingkat PAUD hingga SMU/sederajat di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Lebih lanjut, Syukur menjelaskan, tujuan penyelenggaran Festival Pendidikan Sinar Mas Land 2018 adalah sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada dunia pendidikan Indonesia, terutama dukungan terhadap terciptanya kehidupan masyarakat yang cerdas, berbudaya dan beradab.

“Sehingga Sinar Mas Land dapat memainkan perannya menjadi  pendorong  transformasi masyarakat menuju peradaban modern yang canggih, unggul dan madani,” terang Syukur.

Adapun pelaksanaan Festival Pendidikan Sinar Mas Land 2018 dikemas ke dalam beberapa jenis kegiatan yang pada intinya mendukung para pendidik, peserta didik, maupun sekolah, untuk membangun keunggulan mereka melalui kreativitas. Kegiatan yang diselenggarakan di antaranya adalah lomba kreasi lego untuk tingkat TK, lomba kreasi mainan edukatif untuk tingkat SD, lomba kreasi majalah dinding untuk tingkat SMP, lomba kreasi tari modern untuk tingkat SMA, dan lomba menulis kreatif untuk tingkat perguruan tinggi.

“Festival Pendidikan kali ini, kami juga mengangkat Gerakan Sekolah Menyenangkan, sebagai salah satu program pembinaan bagi  guru dan siswa, untuk menciptakan proses belajar mengajar kreatif dan menyenangkan. Gerakan yang diinisiasi akademisi sekaligus pemerhati pendidikan Muhammad Nur Rizal PhD dan Novi Chandra PhD, yang telah berhasil dilaksanakan di Yogyakarta, dan oleh Sinar Mas Land didorong untuk dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah menengah pertama di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan,” ujar Syukur.

foto : dok. Sinar Mas Land

Sebagai bentuk sosialisasi gerakan tersebut, dalam pelaksanaan Festival Pendidikan Sinar Mas Land 2018 akan diadakan Workshop Gerakan Sekolah Menyenangkan untuk para Kepala Sekolah di wilayah Kabupaten Tangerdang dan Kota Tangerang Selatan, dengan tema ‘Pentingnya Pendidikan bagi Masa Depan’, sekaligus juga diadakan pameran sekolah model Gerakan Sekolah Menyenangkan, yang diikuti sekolah-sekolah yang telah mengimplementasikan gerakan tersebut.

Untuk menekan maraknya bullying yang terjadi di kalangan pelajar, diselenggarakan penyuluhan dengan tema ‘Stop Bullying!’, bekerjasama dengan komunitas pemerhati pendidikan anak Meliora Learning Academy.

Penyuluhan diberikan oleh Henny Wirawan, Director of Meliora Learning Academy yang juga berpredikat sebagai Directive Communication Psychology Gold Level Certified Trainer.

Kegiatan lainnya dalam Festival Pendidikan Sinar Mas Land 2018 adalah panggung pentas anak berprestasi dan berbakat, yang memberi kesempatan kepada para pelajar untuk  berani tampil dan membangun kepercayaan diri, workshop bahasa isyarat Indonesia bekerjasama dengan Gerkatin Tangsel, workshop teknologi robotik untuk pelajar SMP dan SMA bekerjasama dengan komunitas teknologi TBIC Puspitek, serta workshop Kokoru dan decopainting untuk pelajar TK dan SD yang bekerjasama dengan APP Indah Kiat dan Komunitas Sentra Kriya Rumah Pintar BSD City.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: