Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

City Pecahkan Rekor, Toure Ucapkan Selamat Tinggal

458

Jakartakita.com – Juara Liga Inggris 2017/18 Manchester City berhasil mengalahkan tim tamu Brighton & Hove Albion dengan skor 3-1 dalam pertandingan liga yang berlangsung di Stadion Etihad, Kamis (10/5/2018) dini hari WIB. Gol-gol The Citizens dicetak Danilo (16′), Bernardo Silva (34′), dan Fernandinho (72′), sedangkan gol The Seagulls dihasilkan Leonardo Ulloa (20′).

Kemenangan yang diraih membuat City memecahkan tiga rekor Liga Inggris yang sebelumnya dimiliki Chelsea. Tim asuhan pelatih Pep Guardiola menjadi tim dengan torehan gol terbanyak 105 gol, total poin terbanyak 97 poin, dan jumlah kemenangan terbanyak dengan 31 kemenangan.

Sedangkan Brighton yang ditangani Chris Hughton tetap bertengger di posisi 14 klasemen dengan 40 poin akibat kekalahan yang diderita.

Laga yang berlangsung di Stadion Etihad dini hari WIB tadi menjadi laga istimewa bagi Yaya Toure karena menjadi pertandingan kandang terakhir yang dijalani gelandang tengah Pantai Gading berusia 34 tahun tersebut bersama City. Kontrak Toure dengan tim yang telah dibelanya selama delapan tahun terakhir tersebut berakhir pada akhir musim.

Toure diberi kepercayaan untuk tampil dari menit pertama melawan Brighton. Ia juga mendapat kesempatan mengenakan ban lengan kapten.

Danilo membuka keunggulan City pada menit ke-16, dengan gol yang dihasilkan lewat sepakan kaki kanan menuntaskan umpan terobosan Leroy Sane. Empat menit berselang, Ulloa menghasilkan gol penyama kedudukan bagi Brighton dengan sundulan memaksimalkan umpan silang Davy Propper dari sayap kanan.

Memasuki menit ke-34, Silva membawa City kembali unggul. Setelah menguasai umpan silang Sane dari sayap kiri, Silva menyarangkan bola ke gawang Brighton dengan tendangan kaki kiri. Sampai turun minum, City unggul 2-1.

Di babak kedua City semakin agresif melakukan penyerangan. Hasilnya, Fernandinho mencetak gol ketiga City dalam pertandingan dengan sepakan kaki kiri menuntaskan umpan tarik Sane dalam sebuah situasi sepak pojok pada menit ke-72.

Sekitar lima menit sebelum waktu normal berakhir, Toure meninggalkan lapangan untuk digantikan Lukas Nmecha. Ia mendapat tepuk tangan meriah para pendukung City di stadion.

Setelah pertandingan usai, spanduk raksasa bertuliskan ‘Thank you Yaya’ dibentangkan oleh para pendukung City. Toure kemudian mendapatkan kesempatan untuk mengucapkan kata perpisahan kepada para pendukung maupun rekan-rekan setimnya.

Toure juga tak lupa mengatakan harapannya akan kesembuhan mantan pelatih legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson yang baru saja menjalani operasi karena sempat mengalami pendarahan otak.

Sebuah kejutan kemudian diterima Toure, kakak kandungnya, Kolo Toure, datang ke tengah lapangan menemuinya. Kolo juga merupakan mantan pemain City. Hadiah khusus diberikan kepada Toure oleh Kolo, yaitu jersey City bertuliskan 316 yang dibingkai. Toure telah 316 kali tampil membela City.

Toure lalu melakukan lap of honour, sebelum melewati guard of honour teman-teman setimnya saat keluar lapangan.

 

Susunan Pemain

Manchester City: Bravo; Laporte, Kompany, Zinchenko (Mendy 76’), Danilo; Toure (Nmecha 86’), Gundogan, Fernandinho; Gabriel Jesus (Diaz 83’), Sane, Silva

 

Brighton & Hove Albion: Ryan; Dunk, Duffy (booked 37’), Bong, Bruno; Stephens, Propper, Izquierdo (March 79’), Knockaert; Ulloa (Locadia 73’), Gross (Kayal 73’)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: