Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Atasi MU Berkat Penalti Hazard, Chelsea Raih Piala FA

148

Jakartakita.com – Gol yang dicetak Eden Hazard dari eksekusi penalti (22’) membawa Chelsea meraih Piala FA 2017/18 berkat kemenangan 1-0 yang diraih atas Manchester United dalam pertandingan final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Sabtu (19/5/2018).

Tendangan kaki kanan Hazard membuat bola bersarang ke pojok kiri bawah gawang MU. Penalti didapat setelah Hazard dilanggar Phil Jones di kotak penalti The Red Devils.

Piala FA yang diraih merupakan Piala FA kedelapan yang diraih The Blues. Selain itu juga menjadi raihan gelar kedua di bawah kepemimpinan pelatih Antonio Conte, setelah gelar juara Liga Inggris musim lalu.

Striker Chelsea Olivier Giroud meraih gelar juara Piala FA beruntun, setelah musim lalu juga meraih gelar tersebut bersama Arsenal. Total Giroud telah empat kali meraih gelar juara Piala FA, dengan raihan beruntun musim 2013/14 dan 2014/15 bersama Arsenal.

Dalam pertandingan di Wembley, Hazard nyaris membuka keunggulan Chelsea pada menit kesembilan. Namun sepakannya masih bisa diblok kiper MU David De Gea. Pada menit ke-21, Hazard dijatuhkan Jones di kotak penalti MU. Penalti yang didapat bisa dituntaskan Hazard dengan baik.

Kedua tim terus saling serang setelah itu, tapi kesulitan menciptakan ancaman yang tepat mengarah ke gawang lawan sampai turun minum.

Pada menit ke-56, tendangan keras Marcus Rashford dapat ditangkis kiper Chelsea Thibaut Courtois. Sekitar tujuh menit berselang, sundulan Jones memanfaatkan tendangan bebas Rashford dari sayap kanan dapat ditangkis Courtois.

Bola rebound kemudian disambar Alexis Sanchez sehingga bersarang ke gawang Chelsea. Namun wasit menyatakan tidak terjadi gol setelah berkonsultasi dengan VAR (Video Assistant Referee), Sanchez telah berada dalam posisi offside. Final Piala FA kali ini merupakan final Piala FA pertama dengan dipergunakannya VAR.

Sekitar 20 menit sebelum waktu normal usai, sepakan Marcos Alonso meneruskan operan N’Golo Kante dalam sebuah serangan balik dapat ditangkis De Gea. Pada menit ke-72, tendangan Rashford berhasil diblok Courtois.

Semenit berselang, pelatih MU Jose Mourinho melakukan dua pergantian pemain. Anthony Martial dan Romelu Lukaku masuk menggantikan Jesse Lingard dan Rashford. Baru semenit merumput, Martial menciptakan ancaman ke gawang Chelsea, sepakannya dapat diamankan Courtois.

Courtois lalu mementahkan tembakan Nemanja Matic pada menit ke-80. Tiga menit berselang, Mourinho melakukan pergantian pemain terakhir dengan Juan Mata menjadi subtitusi bagi Jones. Jelang berakhirnya laga, Conte melakukan dua pergantian pemain, Alvaro Morata dan Willian menggantikan Giroud dan Hazard.

Sampai peluit panjang dibunyikan wasit, gol Hazard dari titik putih menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam pertandingan final Piala FA kali ini.

 

Susunan Pemain

Chelsea: Courtois (booked 90’+3’); Cahill, Rudiger, Azpilicueta; Bakayoko, Fabregas, Kante, Alonso, Moses; Giroud (Morata 89’), Hazard (Willian 90’+1’)

 

Manchester United: De Gea; Jones (booked 21’)(Mata 87’), Smalling, Young, Valencia (booked 58’); Herrera, Pogba, Matic; Lingard (Martial 73’), Sanchez, Rashford (Lukaku 73’)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: