Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sinar Mas Land Gelar Program Berantas Buta Qur’an di 50 Masjid BSD City Selama Ramadhan

252
foto : dok. Sinar Mas Land

Jakartakita.com – Selama Ramadhan 1439 Hijriah, Sinar Mas Land bekerjasama dengan Forum Masjid Mushola BSD (FMMB) dan Yayasan Mama Papa yang dipimpin Ustadz Muhammad Taslim mengadakan program Berantas Buta Al Qur’an (BBQ) di 50 masjid yang tersebar di kawasan BSD City dan sekitarnya.

Program ini bertujuan untuk memberantas buta baca Al Qur’an, karena menurut data BPS 2010 dan hasil dari beberapa survey, sebanyak 65% penduduk muslim di Indonesia tidak dapat membaca dan memahami Al Qur’an dengan baik dan benar.

“Hal ini tentu sangat memprihatinkan. Untuk itu, Sinar Mas Land menginisiasi program ini dan bekerja sama dengan Forum Masjid dan Mushola BSD (FMMB) dan Yayasan Mama Papa yang telah membuat metode belajar baca Al Qur’an dalam 3 jam untuk menyediakan data masjid-masjidnya yang akan kita beri pelatihan mengajar cara membaca Al Qur’an secara singkat dan memberikan materinya,” ucap Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, baru-baru ini.

“Program BBQ akan memberikan training melalui ToT (Training on Trainers) di 5 masjid terpilih dan setiap masjid mengundang 5 ustadz atau guru mengaji dari 10 masjid di sekitarnya untuk diberikan pelatihan. Dengan demikian, total ada 250 ustadz atau guru mengaji yang akan mendapatkan training ini. Nantinya setiap ustadz yang sudah diberikan training akan mengajarkan kembali kepada anak-anak SD di masjidnya masing-masing,” lanjut Dhony Rahajoe.

Sementara itu, untuk materi pengajaran cara belajar baca Al Qur’an secara lengkap, akan disampaikan oleh Ustadz Muhammad Taslim dari Yayasan Mama Papa.

Ustadz Taslim telah mempelajari cara pengajaran membaca Al Qur’an dengan cepat dan hanya memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk disampaikan kepada para peserta sehingga mereka mampu membaca Al Qur’an.

“Metode pengajaran dengan sistem Mama Papa ini sangat mudah dipahami. Saya akan memberikan training selama 3 jam kepada para ustadz atau guru mengaji perwakilan masjid. Selanjutnya ustad atau guru mengaji tersebut akan memberikan pengajaran membaca Al Qur’an dengan sistem Mama Papa di setiap masjidnya. Para peserta ToT ini juga akan mendapatkan alat peraga dan buku yang sudah disiapkan,” ujar Ustadz Muhammad Taslim selaku pencipta metode Mama Papa.

Asal tahu saja, program BBQ sudah berlangsung sejak 12 Mei 2018 di Masjid An Nahl dan 13 Mei 2018 di Masjid Al Hakim, 18 Mei 2018 di Masjid Al Madani dan 19 Mei 2018 di masjid Al Muhajirin, dan masjid As-Syarif Al Azhar, BSD City.

Program Berantas Buta Qur’an atau BBQ ini akan ditutup bertepatan dengan perayaan tahun baru Islam 1 Muharam yang jatuh pada tanggal 11 September 2018. Pada acara itu nantinya akan digelar lomba baca Al Qurán antar anak didik dari 50 masjid yang mengikuti program BBQ kategori usia sekolah dasar. Total hadiah sebesar 30 Juta rupiah akan disiapkan untuk para pemenang.

“Semoga dengan adanya program Berantas Buta Qur’an ini, jumlah orang yang buta Al Qur’an semakin berkurang dan dapat meningkatkan ibadahnya pada bulan puasa nanti dengan membaca Al Qur’an secara lancer,” pungkas Dhony Rahajoe.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: