Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

PP-IPTEK Tingkatkan Edukasi & Pembudayaan IPTEK Menuju World Class Science Center 2025

645
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – PP-IPTEK terus berupaya menuju World Class Science Center pada tahun 2025 mendatang.

Menurut Mochammad Syachrial Annas selaku Direktur Pusat Peragaan IPTEK, untuk menuju World Class Science Center 2025, pihaknya terus berupaya melaksanakan pengelolaan di bidang peragaan dan program IPTEK dalam rangka mengedukasi dan pembudayaan IPTEK.

Asal tahu aja, saat ini terdapat 22 wahana di PP-IPTEK, dan 400 alat peraga, di mana setiap wahana itu ada beberapa alat peraga, sehingga pengunjung bisa belajar dari alat-alat peraga itu untuk meningkatkan pengetahuannya terhadap IPTEK.

Wahana-wahana tersebut di antaranya adalah; Wahana Petualangan Sains yang terdiri dari lima alat peraga, yaitu Human Yoyo, Lorong Ilusi, Laser Trap, Mirror Maze, dan Gyro Extreme.

“Ini merupakan wahana baru di PP-IPTEK. Wahana Petualangan Sains adalah wahana yang berisi alat peraga interaktif yang bersifat tantangan. Di sini pengunjung ditantang untuk dapat menyelesaikan setiap tantangan yang diberikan dari alat peraga yang disajikan,” ucap Syachrial pada acara Media Gathering di PP-IPTEK, TMII, Jakarta Timur, Selasa (5/6).

Kemudian, terdapat juga wahana-wahana yang lain yaitu; Wahana Listrik dan Magnet, Wahana Getaran dan Gelombang, Wahana Mekanika, Wahana Peneliti Cilik, Wahana Lingkungan, Wahana Optik, dan Wahana Ilusi.

Selain itu, Wahana Transportasi Udara, Wahana Fluida, Wahana Transportasi Darat, Wahana Matematika, Wahana Telekomunikasi, Wahana Antariksa, Wahana Flu Burung, Wahana Siaga Pandemi Influenza, Wahana Ozon, Wahana Taman Jurasic, Kidsmart Corner, dan Wahana Tesia Coil.

“Wahana-wahana yang ada PP-IPTEK ini, juga ada beberapa yang berasal dari negara tetangga Indonesia, seperti; dari Malaysia, Thailand, Singapura, dan Australia,” tambahnya.

“Jadi untuk menuju kelas dunia itu, nanti bisa diukur dari materi, jumlah materi, pengunjungnya, kemudian juga dari sisi pendukung lainnya. Kita bisa setarakan dengan Science Center di beberapa negara. Disamping itu, juga mengadakan kerjasama dengan beberapa negara, dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan internasional. Selain pengembangan wahana-wahana dan alat peraga iptek, dalam rangka menuju kelas dunia, PP-IPTEK juga berencana akan melakukan revitalisasi PP-IPTEK,” jelas Syachrial.

Sebagai informasi, PP-IPTEK merupakan unit pelaksana teknis di bidang pemasyarakatan dan pembudayaan IPTEK yang berada di bawah pembinaan Deputi Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Kementerian Riset dan Teknologi. Hal ini diatur berdasarkan Peraturan Menteri Riset dan Teknologi RI Nomor : 10/M/PER/XII/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja PP-IPTEK.

Kemudian, sejak 20 Maret 2007, status PP-IPTEK ditetapkan sebagai Unit Pelaksana Teknis pada Kementerian Riset dan Teknologi yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) oleh Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 157/KMK.05/2007 dengan status BLU Penuh. (Edi Triyono)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: