Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Hattrick Ronaldo Bawa Portugal Tahan Imbang Spanyol

Piala Dunia 2018 - Grup B

285

Jakartakita.com – Hattrick Cristiano Ronaldo ((4′ (pen), 44′, 88′) membawa Portugal menahan imbang Spanyol dengan skor 3-3 dalam pertandingan Grup B Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Rusia, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB. Gol-gol Spanyol dicetak Diego Costa (24′, 55′) dan Nacho Fernandez (58′).

Hasil imbang yang terjadi membuat Portugal besutan pelatih Fernando Santos dan Spanyol yang diarsiteki pelatih Fernando Hierro berbagi posisi kedua dan ketiga klasemen Grup B dengan satu poin.

Baru tiga menit laga berlangsung di Sochi, Portugal mendapat penalti setelah Ronaldo dilanggar Nacho di kotak penalti Spanyol. Ronaldo maju sebagai eksekutor tendangan 12 pas dan dapat menyarangkan bola ke pojok kiri gawang tim La Furia Roja dengan sepakan kaki kanan.

Pada menit ke-24, Costa mencetak gol penyama kedudukan bagi Spanyol. Setelah berhasil mengecoh bek Portugal Jose Fonte, Costa menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang tim Selecao das Quinas dengan tendangan kaki kanan.

Costa terlihat sempat mengayunkan lengan kanannya ke wajah Pepe sebelum menguasai bola dan berhadapan dengan Fonte. Meski demikian, wasit tetap mensahkan gol Costa setelah berkonsultasi dengan VAR (Video Assisstant Referee).

Dua menit berselang, tendangan keras Isco dapat ditangkis kiper Portugal Rui Patricio hingga bola memantul mistar gawang. Bola rebound setelah itu disontek Jordi Alba dan dapat dihentikan sang penjaga gawang.

Jelang turun minum, Ronaldo membawa Portugal berbalik unggul 2-1. Tembakannya dari luar kotak penalti Spanyol gagal dihentikan kiper David De Gea hingga bola bersarang ke dalam gawang.

Sekitar 10 menit babak kedua berlangsung, Costa mencetak gol keduanya dalam laga sehingga kedudukan kembali menjadi imbang. Tendangan bebas David Silva diteruskan Sergio Busquets dengan sundulan, bola lalu diceploskan Costa ke gawang Portugal dengan sontekan kaki kanan.

Tiga menit berselang, Nacho membawa Spanyol berbalik unggul 3-2 dengan gol yang ditorehkan lewat tendangan keras menggunakan kaki kanan dari luar kotak penalti Portugal. Bola memantul tiang gawang kanan Portugal sebelum masuk ke dalam gawang.

Dua menit sebelum waktu normal usai, Ronaldo menuntaskan hattrick sekaligus menyamakan kedudukan dengan gol yang dihasilkan dari tendangan bebas. Sepakannya membuat bola bersarang ke pojok kiri atas gawang Spanyol.

Gol yang diciptakan merupakan gol ke-84 yang dihasilkan Ronaldo bagi Portugal, membawanya menyamai rekor mantan striker Hongaria Ferenc Puskas sebagai pemain Eropa dengan torehan gol internasional terbanyak.

Dengan menorehkan hattrick di usia 33 tahun, Ronaldo menjadi pemain tertua dengan torehan hattrick di ajang Piala Dunia. Pemain tertua yang sebelumnya menorehkan hattrick di ajang Piala Dunia adalah mantan striker Belanda Rob Rensenbrink, yang melakukannya saat berusia 31 tahun.

 

Susunan Pemain

Portugal: Patricio; Fonte, Pepe, Guerreiro, Soares; Carvalho, Moutinho, Fernandes (booked 28’)(Mario 68’), Bernardo Silva (Quaresma 69’); Ronaldo, Guedes (Andre Silva 80’)

 

Spanyol: De Gea; Ramos, Pique, Nacho, Alba; Busquets (booked 17’), Iniesta (Thiago 70’), Koke; Costa (Aspas 77’), Isco, David Silva (Vazquez 86’)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: