Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Inggris Atasi Kolombia Lewat Drama Adu Penalti

Piala Dunia 2018 - Babak 16 Besar

1,917

Jakartakita.com – Inggris melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018 setelah mengatasi Kolombia lewat drama adu penalti dalam pertandingan babak 16 besar yang berlangsung di Otkrytie Arena, Moskwa, Rusia, Rabu (4/7/2018) dini hari WIB.

Di babak tos-tosan, The Three Lions menang dengan skor 4-3. Sebelumnya pada waktu normal dan babak tambahan, pertandingan berkesudahan dengan skor 1-1. Gol Inggris yang dicetak Harry Kane (57’ pen) dapat disamakan Los Cafeteros melalui gol Yerry Mina (90’+3’).

Inggris selanjutnya di babak perempat final akan menghadapi Swedia di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018).

Inggris menghasilkan ancaman pertama ke gawang Kolombia pada menit keenam. Tendangan bebas Ashley Young dari sisi kanan kotak penalti Kolombia dapat ditangkis kiper David Ospina.

Inggris terus menyerang, namun kesulitan menembus solidnya pertahanan Kolombia. Jelang turun minum, tembakan Juan Quintero dari luar kotak penalti Inggris dapat dihentikan kiper Jordan Pickford.

Memasuki menit ke-54, tim asuhan pelatih Gareth Southgate memperoleh penalti setelah Kane dilanggar Carlos Sanchez di kotak penalti Kolombia. Atas perbuatannya, Sanchez menerima kartu kuning. Kane sendiri yang maju sebagai eksekutor tendangan 12 pas dan dapat menyarangkan bola ke gawang lawan dengan tendangan kaki kanan.

Setelah tertinggal, tim besutan pelatih Jose Pekerman berupaya untuk meningkatkan serangan. Pada menit tambahan kedua, tembakan Mateus Uribe dari luar kotak penalti Inggris dapat dimentahkan Pickford. Dari sepak pojok setelah itu, Mina mencetak gol penyama kedudukan dengan sundulan menyambar bola yang dilambungkan Juan Cuadrado.

Karena waktu normal berakhir dengan kedudukan imbang, laga dilanjutkan dengan babak tambahan. Meski kedua tim saling serang di dua babak tambahan, namun tak ada gol yang tercipta, sehingga hasil pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti.

Dua eksekutor pertama kedua tim, Radamel Falcao dan Juan Cuadrado untuk Kolombia serta Harry Kane dan Marcus Rashford, mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Penendang penalti ketiga Kolombia, Luis Muriel, juga mampu menjaringkan bola ke dalam gawang. Namun sepakan eksekutor penalti ketiga Inggris, Jordan Henderson, dapat ditepis Ospina.

Tendangan Uribe sebagai eksekutor penalti keempat Kolombia hanya membuat bola menerpa mistar gawang. Sedangkan sepakan Kieran Trippier sebagai penendang penalti keempat Inggris menyebabkan bola bersarang ke pojok kanan atas gawang, sehingga kedudukan dalam adu penalti menjadi imbang 3-3.

Setelah itu tendangan eksekutor penalti kelima Kolombia Carlos Bacca berhasil ditangkis Pickford dengan tangan kirinya, sedangkan eksekutor penalti kelima Inggris Eric Dier berhasil menyarangkan bola ke pojok kanan bawah gawang dengan sepakan kaki kanan. Inggris pun berhasil memenangi adu penalti pertamanya di putaran final Piala Dunia.

 

Susunan Pemain

Inggris: Pickford; Stones, Maguire, Walker (Rashford 113’); Henderson (booked 56’), Alli (Dier 81’), Lingard (booked 69’), Young (Rose 102’), Trippier; Kane, Sterling (Vardy 88’)

 

Kolombia: Ospina; Davinson Sanchez, Mina, Mojica, Arias (booked 52’)(Zapata 116’); Barrios (booked 41’), Lerma (Bacca 61’(booked 64’)), Carlos Sanchez (booked 54’)(Uribe 79’), Quintero (Muriel 88’); Falcao (booked 63’), Cuadrado (booked 118’)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: