Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Khong Guan Gelar Program ‘Khong Guan SMK Jago Jualan 2018’

Terpilih 10 Tim Finalis Setelah Melalui Proses Seleksi dan Penjurian yang Ketat

1,544
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia melalui brand miliknya, Khong Guan menggelar program ‘Khong Guan SMK Jago Jualan 2018’ sebagai program implementasi pemasaran secara komprehensif.

Saat ini, program yang bertujuan mengembangkan bakat dan kemampuan jualan dari para siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia ini, telah memasuki babak final, dimana setelah melalui proses seleksi dan penjurian ketat, akhirnya terpilih 10 tim finalis yang masing-masing akan mendapat trofi, dan hadiah menarik lainnya serta akan diberikan tiket dan akomodasi untuk acara final Big Bang di Jakarta.

Ke-10 tim pemenang tersebut adalah: Team Exciting Paser (Balikpapan), Team 45SJJ1 (Bandung), Team Mythic Squad (BangkaBelitung), Team Invinity (Bukit Tinggi Sumbar), Team Gansa Rana (Padang Sumbar), Team Sales Squad SMK2TDO (Manado Sulut), Team Lancang Kuning Generation (Jambi), Team Spemda Squat (Semarang), Team Han’s Beauty (Solo Surakarta), Team Juragan Kebumen (Yogjakarta).

“Event ini bukan sekedar branded, tapi merupakan bentuk partisipasi dan kontribusi kita di bidang industri terhadap anak – anak SMK. Nah, poin itu yang perlu kita sampaikan sekarang. Artinya, di dunia sales itu banyak sekali anak-anak yang sekolah di SMK  jurusan pemasaran ini, yang hanya bisa teori. Dengan adanya program ini, dapat meningkatkan kompetisi agar bisa menjadi pengalaman berharga yang bisa jadi bekal mereka dalam memasuki dunia kerja, bahkan menjadi entrepreneur sekalipun,” terang Tommy Hartono selaku Nasional Sales Manager di Khong Guan, dalam sambutannya di acara Awarding Night Final Khong Guan SMK Sales 2018 di Jakarta, Minggu (12/8/2018) malam.

Ditambahkan, melalui program ini, PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia menunjukkan perhatian dan kontribusi yang nyata, bahwa para pelaku bisnis agar semakin peduli dalam memberikan kesempatan bagi para siswa/i, terutama lulusan dari SMK Jurusan Pemasaran lewat pelatihan-pelatihan, pembimbingan, dan terutama pengalaman kerja yang nyata bagi para siswa/i peserta Khong Guan SMK Jago Jualan 2018, yang tentu dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan mentalitas diri mereka, yang sangat bermanfaat bagi diri mereka dalam dunia bekerja,” jelas Tommy.

Sementara itu, Penanggung Jawab program, Dedi Budiman mengungkapkan, program ini sudah mulai dilaksanakan sejak Februari 2018 lalu.

Semula, sebanyak 242 tim telah mendaftar melalui website www.smkjagojualan.com, yang masing-masing terdiri dari 12 orang siswa/i dari kelas X – XII yang berasal dari 23 kota besar di Indonesia.

Selama masa kompetisi berlangsung, peserta terus dibekali dengan online class serta pendampingan oleh masing-masing mentor di kota masing-masing mengenai produk yang dipasarkan, strategi pemasaran yang akan diterapkan, serta strategi pendekatan kepada calon customer.

Lebih rinci dijelaskan, kompetisi terdiri dari 3 tahapan: tahap pertama, yang dimulai dari tanggal 12 Maret 2018 sampai 12 Mei 2018 telah diikuti lebih dari 200 tim yang lolos verifikasi administrasi. Kualifikasi untuk lolos menuju tahap kedua adalah dengan memperoleh minimum omset penjualan sebesar Rp 5 juta. Sebanyak 82 tim yang berasal dari 20 propinsi di Indonesia lolos untuk menuju tahap kedua.

Tahap kedua, dimulai dari tanggal 21 Mei 2018 sampai 30 Juni 2018 dengan jumlah tim sebanyak 82 tim, dengan minimum omset penjualan Rp 7 juta dalam jangka waktu kurang lebih 1.5 bulan kompetisi. Pada tahap kedua ini, terpilih 10 tim yang tersaring untuk melanjutkan kompetisi ke tahap final. Kesepuluh tim tersebut mewakili 10 propinsi dengan penjualan terbaik menjalankan program ini sejak bulan Februari 2018 lalu.

Pada tahap final, kesepuluh tim tersebut akan mengirimkan masing-masing lima orang perwakilan beserta mentor pembimbing dan guru pembimbing mereka untuk berangkat ke Jakarta dan melakukan Khong Guan Sales Marathon.

Sales Marathon adalah kegiatan selling paket Khong Guan yang akan dijual dalam dua sesi, pada tanggal 12 Agustus 2018.

Sesi pertama akan dilakukan pada venue CFD Thamrin dari jam 06:00 – 09:00 dan sesi kedua dilakukan pada venue TMII dari jam 13:00 – 16:00.

Kelima anggota team tersebut, tentu saja memiliki role berbeda untuk mencapai target yang diberikan oleh dewan juri.

2 orang akan menjadi sales force, 1 orang akan menjadi mascot sebagai gimmick, 1 orang bertanggung jawab terhadap stock dan 1 orang akan melakukan live streaming, gimmick dan social media activity untuk mem-viralkan dan mempromosikan kegiatan final dari Khong Guan SMK Jago Jualan 2018 ini di media digital.

Mereka diwajibkan menjual paket Khong Guan senilai Rp 25 ribu menggunakan kreativitas dan strategi mereka.

Selling Marathon ini akan langsung dinilai oleh dewan juri, yang terdiri dari Ketua Program ASSA 2018, perwakilan dari PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, serta perwakilan dari Komunitas Sales Director Indonesia (SDI), dan perwakilan dari KOMISI (Komunitas Sales Indonesia). (Edi Triyono)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: