Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Acara Pembukaan Asian Games 2018 Berlangsung Meriah

828

Jakartakita.com – Acara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung meriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam WIB.

Dengan disaksikan oleh sekitar 40.000 penonton di SUGBK, acara dibuka dengan 2.200 penari dari 18 sekolah menengah atas di Jakaarta, yang mempesona penonton dengan tarian Saman dari Aceh. Para atlet dari 45 kontingen Komite Olimpiade Nasional (NOC) kemudian memasuki arena di depan panggung megah yang dirancang menyerupai gunung. Kontingen Korea Utara dan Selatan bersatu sebagai kontingen Korea.

Setiap kontingen didahului peraga busana yang mengenakan kostum berbentuk burung emas dan pembawa bendera. Kontingen Indonesia menjadi yang terakhir memasuki arena dan mendapat sambutan sangat meriah dari penonton, dengan perenang I Gede Siman Sudartawa sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Penyelenggaraan Asian Gamse 2018, Asian Games ke-18, adalah yang kedua kalinya dilangsungkan di Jakarta setelah 1962 lalu.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pembukaan mengungkapkan rasa bangganya atas berlangsungnya Asian Games 2018 di Indonesia.

“Atas nama rakyat Indonesia, kami bangga dan kami merasa terhormat untuk menyambut tamu istimewa dari 45 negara. Dengan Asian Games ke-18, kami, negara-negara Asia, ingin menunjukkan dunia bahwa kami bersaudara, kami bersatu dan kami ingin mencapai tujuan kami. Dengan mengucapkan bismillahhirohmanirrohim, saya menyatakan bahwa Asian Games ke-18 resmi dibuka,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi ditampilkan secara unik dalam perhelatan kali ini. Di layar video raksasa, ditampilkan bahwa Presiden Jokowi terjebak kemacetan dalam perjalanan menujuk ke acara pembukaan Asian Games 2018, sehingga harus mengendarai motor besar berwarna hitam.

Seorang pria yang mengenakan setelan seperti Presiden RI lalu mengendarai motor besar berwarna hitam melewati arena, sebelum masuk ke bagian bawah SUGBK. Setelah itu diperlihatkan dalam layar video raksasa bahwa Presiden Jokowi melepas helm yang dikenakannya dan turun dari motor besar berwarna hitam, setelah itu masuk ke dalam lift.

Presiden Jokowi kemudian keluar dari lift untuk memasuki podium VVIP SUGBK dan disambut Ketua Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir.

Penyalaan kaldron di SUGBK juga berlangsung dengan meriah, diiringi berbagai tarian dan lagu-lagu daerah nusantara. Lagu-lagu daerah nusantara dinyanyikan para penyanyi terkenal tanah air, termasuk juga Rossa dan Raisa. Anggun, penyanyi Indonesia dengan kiprah internasional, tampil istimewa dengan melantunkan lagu Pemuda ciptaan Chaseiro.

Proses penyalaan kaldron dilangsungkan secara estafet, melewati panggung yang dibentuk seperti gunung. Mantan atlet bulutangkis Susi Susanti yang merupakan peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 mendapatkan kehormatan untuk menyalakan kaldron.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: