Take a fresh look at your lifestyle.

148 Pelajar SD di Wilayah Jabodetabek Semarakan Ajang Kompetisi Poster Sains

0 2,728
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Sebanyak 148 pelajar yang berasal dari 80 Sekolah Dasar di wilayah Jabodetabek semarakkan Kompetisi Poster Sains yang digelar Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur, Sabtu (1/9/2018).

Kompetisi Poster Sains merupakan lomba pembuatan poster antariksa untuk siswa SD berusia 8 – 11 tahun dengan tema “My Home in Space (Rumahku di Ruang Angkasa)” yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK bekerja sama dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Kegiatan Poster Sains menjadi salah satu kegiatan pada Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF), yang tahun ini akan diselenggarakan di Singapura pada bulan November mendatang.

Hasil karya poster yang dinobatkan sebagai juara I, II, dan III akan dikirim ke ajang APRSAF ke-25 untuk berkompetisi dengan poster-poster hasil karya peserta dari negara lain.

“Kompetisi ini berguna untuk meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap bidang sains pada umumnya dan kecintaan terhadap alam semesta beserta isinya pada khususnya, serta mewadahi bakat-bakat seni untuk lebih berkreasi dan berprestasi,” ucap M Syachrial Anas selaku Direktur PP-IPTEK saat ditemui awak media, Sabtu (1/9/2018).

“Tentunya kompetesi ini juga melatih imajinasi anak-anak, karena mereka menggambar sendiri dan mewarnai sendiri,” tambahnya.

Asal tahu saja, setiap tahunnya, hasil karya poster anak Indonesia selalu menempati posisi Juara Favorit dalam ajang APRSAF Poster Contest yang diselenggarakan di berbagai negara.

Adapun kegiatan Kompetisi Poster Sains Antariksa yang digelar oleh PP-IPTEK  juga bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, seperti Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Insititut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

“Gambarnya sesuai dengan tema kita yaitu My Home In Space,” tandas Syachrial.Sementara itu, salah satu kriteria penilaian dalam kompetisi tersebut adalah ide dari peserta yang menggambar sesuai dengan tema yang disediakan panitia.

Related Posts
1 daripada 6,413

PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dan salah satu wahana pembelajaran iptek bagi masyarakat, khususnya generasi muda memiliki peran strategis dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia sesuai dengan visi dan misi negara.

foto : jakartakita.com/edi triyono

Selain kegiatan Kompetisi Poster Sains Antariksa masih banyak lagi peragaan dan program sains yang disajikan oleh PP-IPTEK kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pengetahuan iptek masyarakat.

Berikut daftar para juara Kompetisi Poster Sains :

Juara I          : Syafinatun Naja (SDS Muhammadyah 24 Jakarta)

Juara II         : Ajengdilla Anjani (SDN 02 Pondok Labu)

Juara III        : Kalisha Athaya Mahira (SD Pertiwi)

Harapan I     : Kennard Dwiandra Putra (SD Santa Ursula BSD)

Harapan II    : Mikhael Cahaya Surya (SDN Cihampar 3 Bogor)

Harapan III   : Lintang Dwi Anggoro (SDN Kalisari 02 Pagi)

(Edi Triyono)

Tinggalkan komen