Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Wapres JK: Indonesia Capai Prestasi Tertinggi Selama Asian Games

1,250
foto: dok. asiangames2018.id

Jakartakita.com – Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengatakan Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan mencapai prestasi tertinggi selama pelaksanaan Asian Games sejak tahun 1951.

“Ini adalah capaian prestasi tertinggi Indonesia dalam sejarah keikutsertaannya di Asian Games, dari peringkat 17 pada Asian Games ke-17 dengan empat medali emas di Incheon, Korea Selatan; naik ke peringkat empat dengan 31 medali emas di Jakarta kali ini,” kata Wapres JK, seperti dilansir asiangames2018.id, dalam sambutan upacara penutupan Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018) malam WIB.

Wapres JK mengatakan bahwa dengan perolehan 98 medali di Asian Games ke-18 ini, maka rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dapat semakin diperkuat, dengan meningkatkan rasa toleransi dalam kemajemukan Indonesia.

“Oleh karenanya, sangat penting untuk menjadikan momen penguatan rasa persatuan dan jati diri bangsa, yang majemuk dan toleran, yang memiliki semangat juang tinggi untuk meraih kemajuan, kesejahteraan dan perdamaian bersama,” kata Ketua Dewan Pengarah Inasgoc tersebut.

Indonesia berhasil mencapai target di Asian Games 2018, dengan berada di urutan keempat setelah Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. Atlet nasional Indonesia berhasil meraih total 98 medali dengan rincian 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu.

Dalam Upacara Penutupan Asian Games ke-18 tersebut, turut hadir mendampingi Wapres Jusuf Kalla antara lain Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, Presiden Dewan Olimpiade Asia Ahmad Al-Fahad Al-Sabah, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Kontingen Indonesia Syfruddin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Penampil dalam acara tersebut antara lain boyband Korea Super Junior (SuJu) dan iKon, penyanyi India Siddhart Slathia yang berduet dengan Denada, grup band GIGI dan RAN, serta sederet artis Indonesia seperti Siti Badriah, Winky Wiryawan, Jevin Julian, Bunga Citra Lestari, JFlow, Dira Sugandi, Ade Govinda, dan Bams Samsons

Presiden RI Joko Widodo berada di Lombok untuk memantau kondisi para pengungsi korban gempa saat upacara penutupan berlangsung. Melalui pesan video, Presiden Jokowi sempat dihadirkan secara singkat di layar besar SUGBK.

Pemerintah RI menyediakan total Rp210 miliar sebagai bonus bagi atlet dan pelatih yang mengikuti ajang Asian Games 2018. Bonus itu sudah langsung dicairkan pada Minggu, dengan berlangsungnya acara silaturahim Presiden Jokowi dengan para atlet dan pelatih nasional peraih medali pada Asian Games XVIII Tahun 2018 sekaligus penyerahan bonus secara simbolis kepada para atlet dan pelatih yang meraih medali di Istana Negara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: