Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

The Big Start Indonesia Season 3 Ajak Pengusaha Kreatif Muda Jakarta ‘Naik Kelas’

1,861
foto : istimewa

Pasardana.id – Setelah sebelumnya diadakan di Bandung pada 20-22 Juli, Yogyakarta pada 27-29 Juli, Bali pada 3-5 Agustus lalu, Surabaya pada 24-26 Agustus, roadshow ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda terbaik nasional The Big Start Indonesia Season 3 akan berlanjut ke kota terakhir dan penutup, yaitu Jakarta pada 7-9 September.

Dalam kegiatan ini, Blibli.com kembali mengukuhkan komitmennya untuk terus mendukung perkembangan UMKM Indonesia.

Didukung sepenuhnya oleh JNE sebagai Platinum Partner, BCA, Prasetiya Mulya Business School, XL Business Solution, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan Kementrian Perindustrian, TBS Indonesia Season 3 siap digelar dengan total hadiah lebih besar dari tahun sebelumnya, yakni senilai Rp 1,1 Miliar.

Mengusung semangat “Buktikan Pada Mereka”, TBS Indonesia Season 3 diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar para pengusaha muda Indonesia untuk mengembangkan bisnis ke skala lebih besar dengan pangsa pasar lebih luas. 

“Tahun ini, The Big Start Indonesia Season 3 akan menjadi perhelatan lebih besar dengan diadakannya roadshow lima kota, dan Jakarta menjadi kota ke-5 sekaligus penutup dalam rangkaian ini setelah sebelumnya digelar di Bandung, Yogyakarta, Denpasar, dan Surabaya. Blibli.com melihat Jakarta sebagai ibukota dengan potensi UMKM lebih matang dibandingkan kota-kota lainnya, dan tentunya menghadirkan persaingan lebih ketat. Gelaran di Jakarta menutup rangkaian roadshow TBS Indonesia Season 3 di lima kota yang mengajak para pengusaha kreatif muda lokal terus mengembangkan usahanya menjadi lebih besar lagi,” ujar Lani Rahayu, Senior Marketing Communication & PR Manager Blibli.com dalam siaran pers Kamis (06/9).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) menargetkan UMKM baru akan tumbuh sekitar 5 persen di 2019, lebih naik dari 1,56 persen di 2014 dan 3,1 persen dari jumlah penduduk pada akhir 2016.

Menurut riset Mckinsey Institute, tercatat sebanyak 59,9 juta jumlah UMKM di Indonesia dan telah berkontribusi hingga 56 persen dari total perekonomian negara.

Meski demikian, baru 3,97 persen dari jumlah keseluruhan yang telah membuka usaha di e-commerce, sehingga masih banyak pelaku usaha yang belum memperluas kesempatan mereka di ranah digital.

Ineu Mardiani, Founder Indhe Bags & Juara ke-4 TBS Indonesia Season 2 mengungkapkan, bahwa sebagai pengusaha kreatif muda di Jakarta, pebisnis harus terus mengembangkan usaha supaya tidak hanya eksis secara nasional, tapi juga dapat diterima pasar internasional.

“Bagi saya, yang paling penting adalah dua hal. Pertama segmen pasar yang jelas, dan kedua adalah keunikan produk. Mengikuti TBS Indonesia Season 2 lalu, saya belajar banyak mengenai hal baru, termasuk branding, marketing, memperluas wawasan dan mengembangkan keterampilan serta kemampuan berbisnis terutama cara untuk menuangkan cerita dan identitas bangsa kita yang unik dalam produk saya,” tuturnya.

Senada dengan Nicholas Yudha, Founder Monstore sekaligus Merchant Blibli.com mengungkapkan, dengan persaingan UMKM yang semakin ketat terutama di Jakarta yang semuanya serba cepat berubah, sangat penting bagi para pengusaha kreatif muda untuk terus berpikir dan menantang diri sendiri, terutama keunikan dan cerita produk yang ingin diangkat.

“Menurut saya salah satu hal yang penting adalah branding, karena di sinilah kita bisa menceritakan identitas usaha kita, membantu untuk upscalling bisnis dan meraih pasar lebih luas lagi, hingga ke luar Indonesia. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjawab tantangan ini adalah melakukan penjualan melalui online atau e-commerce. Penting untuk mencari platform ­e-commerce yang memiliki misi dan visi yang sama dengan brandkita,” ungkap Nicholas.

Sukses menggandeng lebih dari 20.000 peserta di tahun lalu, TBS Indonesia Season 3 tahun ini diharapkan dapat merangkul lebih banyak pengusaha muda yang berkomitmen mengembangkan usaha mereka, yang kemudian dikurasi menjadi 20 finalis pengusaha kreatif muda terbaik Indonesia.

Peserta yang berhasil lolos akan lanjut ke tahap karantina, di mana mereka dibekali ilmu pemasaran e-commerce, pemanfaatan media sosial, pengelolaan keuangan, pajak, serta hukum hingga perlindungan HAKI dan pada akhirnya akan terpilih 4 finalis untuk maju ke Grand Final.

Para pengunjung dapat melihat dan berbelanja hasil karya lokal dalam open market, mengikuti talkshow para local heroes atau pengusaha muda masing-masing kota, serta berbagai kegiatan komunitas dan hiburan.

Kompetisi tahun ini juga dimeriahkan dengan Special Project di malam Grand Final TBS Indonesia Season 3, sebuah proyek yang mempertemukan dua pengusaha kreatif lokal Indonesia untuk membuat produk kolaborasi yang nantinya dipamerkan di malam Grand Final TBS Indonesia Season 3 untuk kemudian dijual secara eksklusif di Blibli.com.

Tahun ini, juga memperkenalkan mentor serta juri baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu mentor beauty dengan Kezia Toemion Founder ESQA cosmetics, mentor fashion Didiet Maulana dari IKAT Indonesia, mentor kuliner Gwen Winarno  dari Pure Foods Company, mentor kriya Bagus Rochadiat dari Kekayuan, serta host judges yaitu selebriti Aline Adita yang merupakan Co-Founder Downtown Market dan pengusaha kuliner.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: