Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Cermati Peroleh Investasi Seri B yang Dipimpin oleh Grup Djarum

2,232
foto : istimewa

Jakartakita.com – Cermati.com, marketplace produk keuangan terkemuka dan perusahaan teknologi keuangan asal Indonesia, baru-baru ini mengumumkan telah memperoleh pendanaan seri B dari Grup Djarum.

Dalam pendanaan ini, East Ventures, Beenos Plaza, dan Finch Capital melepaskan kepemilikan sahamnya.

Menurut Carlo Gandasubrata selaku Chief Business Officer dan pendiri Cermati.com, kepercayaan dan dukungan dari investor sebelumnya memiliki peran penting dalam tonggak sejarah pencapaian bisnis yang diraih oleh Cermati.com hingga saat ini.

“East Ventures berperan penting bagi pertumbuhan kami dan telah membantu Cermati membangun strategi pertahanan bisnis yang tepat untuk pasar Indonesia. Sebagai salah satu pelopor perusahaan modal ventura di Indonesia, East Ventures memiliki pengalaman bertahun – tahun dan pemahaman pasar yang tidak tertandingi. East Ventures mengizinkan kami menjadi bagian dari jaringan wirausahawan yang memiliki pola berpikir yang maju. Dukungan dan bimbingan dari East Ventures hingga kini membantu kami menjadi platform finansial terdepan di Indonesia,” kata Carlo dalam siaran pers Jumat (07/9).

“Untuk Beenos Plaza, mereka memberi kami wawasan tentang cara membangun teknologi berbasis pelayanan untuk perusahaan keuangan di pasar yang sedang berkembang. Pengetahuan mereka tentang membangun teknologi khusus pengguna seluler memberikan kami keunggulan dibandingkan pemain – pemain lain di market. Pengetahuan mereka di bidang teknologi AI untuk pengecekan identitas dan KYC di market memberikan keuntungan signifikan bagi Cermati. Kami bersyukur bahwa Beenos percaya kepada kami sejak awal dan juga menyediakan saran tentang bagaimana cara mengukur keberhasilan atas seluruh perjalanan kita,” tambah Oby Sumampouw, CTO dan pendiri Cermati.

“Kami juga senang dengan keterlibatan aktif Finch Capital yang membantu kami membangun lebih dalam akan pemahaman tentang bagaimana teknologi mengubah rantai nilai layanan keuangan. Finch telah membantu kami memberikan wawasan mereka tentang industri keuangan dari pasar yang maju ke Indonesia. Untuk semuanya, saya ingin berterima kasih kepada semua investor yang telah percaya dan mendukung kami sepanjang perjalanan transformasi kami,” sambung Andhy Koesnandar, CEO dan juga salah satu pendiri Cermati.com.

Lebih lanjut, Andhy Koesnandar mengungkapkan bahwa pihaknya siap membawa perusahaan ke level berikutnya.

“Kami senang menyambut Djarum sebagai investor kami. Misi kami adalah untuk memajukan Indonesia melalui inklusi keuangan. Kami percaya bahwa akses ke layanan keuangan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia; Djarum berbagi misi yang sama dan kami sangat senang bekerja sama dengan mereka. Modal baru ini akan digunakan untuk memperluas jangkauan kami di Indonesia dan mengembangkan lini produk baru guna meningkatkan penetrasi produk keuangan di Indonesia,” kata Andhy Koesnandar.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Cermati telah memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan karena memperluas unit bisnis penawarannya dari marketplace untuk produk keuangan off-the-shelf seperti pinjaman pribadi, kartu kredit, dan asuransi mobil menjadi penyedia layanan teknologi dengan jaringan yang lebih luas untuk melakukan distribusi, verifikasi ID dan penjaminan atas pinjaman mikro dan produk asuransi.

Penggunaan inovatif teknologi AI dan perluasan kemitraan membuat bisnis Cermati semakin berkembang lebih pesat dari jangkauan distribusi sebelumnya, sepertihalnya untuk distribusi pinjaman mikro dan produk asuransi yang siap menjangkau lebih luas lagi populasi yang belum memiliki akses perbankan (underbanked).

Saat ini, Cermati telah mempercepat proses inklusi keuangan di Indonesia dengan mendistribusikan produk keuangan, dan pelayanan secara digital verifikasi ID dan risiko penjaminan kepada lebih dari satu juta orang Indonesia di kota tingkat satu dan dua terbesar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Pontianak, Medan, dan Palembang.

Didirikan tahun 2015, Cermati adalah website marketplace produk keuangan paling banyak dikunjungi, dengan total pengunjung lebih dari lima juta per bulan.

Cermati membantu masyarakat Indonesia untuk melakukan riset guna memilih dan mendapatkan produk keuangan terbaik, mulai dari kartu kredit, kredit kendaraan bermotor, kredit tanpa agunan, kredit pemilikan rumah, asuransi mobil dan asuransi kesehatan.

“Cermati adalah contoh sempurna tentang bagaimana teknologi diaktifkan dalam berbisnis sehingga hal ini dapat menembus pasar yang sebelumnya sulit diakses. Orang Indonesia memiliki keinginan yang kuat akan produk keuangan karena sebagian besar penduduknya tidak memiliki akses produk keuangan,” ungkap Hans De Back, Mitra Finch Capital.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: