Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

4 Kuliner Jambi yang Tidak Boleh Dilewatkan

2,155
foto : thejournale

Jakartakita.com – Berkunjung ke suatu daerah rasanya kurang pas jika belum menikmati kuliner khas di tempat tersebut.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan kulinernya adalah Jambi.

Hidangan melayu yang kaya akan rempah dan kudapan-kudapan khas merupakan daya tarik yang membuat daerah ini memiliki banyak tempat wisata kuliner menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Jadi, jika berkesempatan mengunjungi daerah ini, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa warung atau tempat makan berikut. Mari kita simak ulasannya!

Es Kumpeh Delico

Cuaca Jambi yang cukup terik saat sedang kemarau membuat Es Kumpeh sangat digemari warga lokal. Es tradisional ini dibuat dari campuran susu yang melimpah dengan aneka rasa menarik seperti cokelat, stroberi, nangka, durian, dan alpukat. Secara umum ada dua jenis es krim yang dijual di sini, yaitu original dan super.

Pengunjung bebas memilih menikmati es krim mereka di gelas, dengan roti, atau menggunakan cone. Anda juga bisa membawa pulang es krim ini untuk dinikmati di hotel atau saat perjalanan menuju tempat wisata lain. Warung Es Kumpeh Delico terletak di Jalan Kol. Pol. M. Thaher daerah Pakuan Baru, Jambi Selatan.

foto : istimewa

Nasi Gemuk

Jangan tertipu dengan nama hidangan unik khas Jambi ini. Karena meskipun dinamakan Nasi Gemuk, porsi makanan yang terdiri dari nasi uduk dan aneka toping lezat tersebut termasuk wajar. Meskipun sekilas tampilannya seperti nasi rames atau campur yang biasa kita lihat di Jawa, tapi soal cita rasa, Anda tidak perlu khawatir.

Paduan lauk sekaligus topping lezat seperti telur rebus, daging sapi suwir, emping, dan sambal manis khas membuat rasa Nasi Gemuk sangat istimewa.

Untuk bisa menikmati makanan khas ini, Anda bisa berkunjung ke Rumah Makan Chef Min 2 yang ada di pusat kota Jambi.

foto : dapurkobe

Kwetiau

Di Jambi, ada banyak sekali tempat makan yang menjual hidangan mi, bihun, atau kwetiau. Salah satu yang terkenal adalah RM Lestari. Di rumah makan khas Jambi tersebut Anda bisa memesan kwetiau siram dengan cita rasa khas dan terjamin kehalalannya.

Berbeda dengan kwetiau di daerah lain, di Jambi kwetiau dibuat dari tepung beras dan memiliki bentuk yang lebih tebal. Selain itu, sebelum disajikan, kwetiau biasanya digoreng terlebih dahulu dengan campuran telur lalu disiram dengan kuah kental berisi daging, bakso, dan potongan sayur.

Untuk mendapatkan cita rasa yang unik, Anda bisa menikmati kwetiau tersebut dengan menambahkan cuka hitam khas Jambi yang legit.

foto : masakandapurku

Kue Kojo

Bagi penikmat kopi di Jambi, kue kenyal berwarna hijau ini merupakan teman minum favorit dan khas. Kue Kojo sendiri terbuat dari campuran pandan dan santan. Aroma khas pandan dan gurihnya santan membuat kue khas Jambi ini sangat populer di kalangan warga lokal ataupun wisatawan yang sedang berkunjung ke Jambi.

Kue Kojo bisa didapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional atau di tempat wisata kuliner seperti Kue Tradisional Talang Banjar dan Pasar Hongkong.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Jambi yang sayang sekali jika dilewatkan. Untuk pengalaman liburan yang lebih nyaman dan menyenangkan, jangan lupa untuk memesan tiket pesawat murah ke Jambi dari jauh-jauh hari. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencari sekaligus booking tiket melalui situs travel Airy.

Melalui situs Airy, Anda bisa mendapatkan tiket murah dari berbagai maskapai dengan memanfaatkan voucher diskon atau promo bank partner tertentu.

Cara pemesanan dan pembayarannya pun cukup mudah sehingga kita tidak perlu takut memesan tiket pesawat di sini.

Jadi tunggu apalagi? Yuk rencanakan liburan bersama Airy segera!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: