Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

dr. Vito Anggarino Damay Luncurkan Buku ‘Sebelum Anda Pergi ke Dokter Jantung’

667
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Sekitar 85% dari semua kematian akibat penyakit kardiovaskular disebabkan oleh serangan jantung dan stroke.

Menurut data WHO, pada tahun 2016, sekitar 31 persen dari penyebab kematian di seluruh dunia disebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah mencapai 17.9 juta orang per tahunnya.

Di Indonesia, penyakit jantung dan stroke juga termasuk dalam sepuluh besar masalah kesehatan utama di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, Dr. Vito Anggarino Damay, SPJP (K) sebagai dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Siloam Lippo Village, Karawaci, Tangerang meluncurkan buku dengan judul “Sebelum Anda Pergi Ke Dokter Jantung”, Jum’at (28/9/2018) malam di Maxx Box Lippo Karawaci.

Buku yang diluncurkan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Jantung Sedunia 2018 ini, juga dihadiri oleh Dr. Doddy Partomihardjo, SpM selaku Ketua Forum Ikatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia dan Dr. Roy Christian, SpJK (K) selaku Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia Cabang Banten (PERKI).

“Buku ini saya luncurkan dalam rangka menjawab banyaknya mitos atau kabar hoax yang beredar di masyarakat terkait penyakit jantung dan yang lainnya yang sering kali membahayakan,” tutur Dr. Vito A Damay.

Lebih lanjut, dokter yang aktif sebagai pembicara kesehatan mengenai jantung dan kesehatan umum ini mengatakan, bahwa penerbitan bukunya ini sebagai bagian dari tanggung jawabnya sebagai seorang dokter yang ahli dibidangnya, yakni yang berkaitan dengan masalah penyakit jantung, yang bertujuan agar masyarakat sadar dan mengerti bahwa mitos yang selama ini dapatkan adalah menyesatkan dan membahayakan.

Ditambahkan, penyakit jantung dapat menyebabkan menurunnya kualitas hidup karena fungsi jantung yang berkurang, membuat penderita sangat terbatas dalam aktivitasnya.

“Dampak penyakit jantung dan stroke dapat menurunkan produktivitas. Penyebab dari penyakit ini sebetulnya dapat dicegah kalau kita paham dan mengetahui cara pencegahannya. Gaya hidup merupakan kunci untuk terhindar dari serangan jantung yang mematikan,” jelas Vito.

Sementara itu, Dr. Doddy Partomihardjo mengatakan, penyakit jantung sangat dipengaruhi oleh pola hidup dan pola makan yang buruk dan yang sangat disayangkan, masih banyak orang tidak mengetahui adanya penyakit jantung lainnya, diantaranya; gangguan irama jantung atau aritmia, penyakit katup jantung, rematik dan Kardiomiopati.

Maka dari itu, jelasnya, masyarakat hendaknya menjaga pola makan dan pola hidup dengan baik agar terhindar dari penyakit yang sering menyerang secara tiba-tiba ini.

“Setelah membaca buku ini diharapkan pembacanya bisa lebih awal mengetahui gejala penyakit ini, sehingga bisa lebih cepat mencegahnya. Semua bisa dipelajarinya di buku ini, “ tandas Dr Doddy. (Edi Triyono)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: