Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Sinergi TIBCO – BINUS University Dorong Terciptanya Gudang Ahli Data di Indonesia

2,387
foto : istimewa

Jakartakita.com – TIBCO Software Inc., pemimpin global dalam integrasi, manajemen API, dan analitik, baru-baru ini mengumumkan kolaborasinya dengan BINUS University agar dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan data analitik dan pengetahuan bagi para siswa di Indonesia.

TIBCO, BINUS University, dan mitranya, PT PhinCon, sebuah perusahaan konsultan IT (bagian dari Grup Phintraco), secara aktif terlibat dalam upaya membuka jalan untuk bersama-sama melibatkan para siswa melalui program magang, pengembangan karir, dan proyek analitik tingkat lanjut.

Dalam siaran pers yang diterima Jakartakita.com, Rabu (10/10/2018), disebutkan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan kompetensi dalam data analitik dan membekali mereka dengan keterampilan data yang penting untuk karir mereka setelah lulus.

Kolaborasi ini juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi sarana dalam mempersiapkan siswa dari Sekolah Sistem Informasi untuk memenuhi tuntutan era digital.

Adapun susunan potensial dari program ini termasuk praktik langsung bagi siswa dengan platform TIBCO, bersamaan dengan dukungan untuk berbagai teknik data analitik, untuk memahami dan memprediksi perilaku pelanggan.

Selain itu, kolaborasi ini juga bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan data yang relevan melalui kelas kuliah tamu, seminar, sesi networking dengan para ahli di bidang data analitik serta modul pelatihan yang relevan.

“Bisnis digital sudah mulai menyadari kekuatan data analitik. Hal ini membentuk dan mengubah cara mereka berinteraksi dengan pelanggan agar dapat tetap kompetitif, khususnya di Indonesia, yang merupakan salah satu pasar konsumen dengan pertumbuhan paling cepat di dunia,” kata Melissa Ries, manajer umum, Asia Pasifik dan Jepang, TIBCO.

“Perusahaan pun harus beradaptasi dengan tuntutan yang meningkat dan menghadapi tentang bagaimana lanskap digital dapat membentuk kembali perilaku konsumen, kebiasaan berbelanja, dan proses pengambilan keputusan. Kami ingin mempersiapkan siswa untuk menghadapi realitas dunia bisnis digital dan memberdayakan mereka dengan kombinasi teknologi dan keahlian kami untuk menerapkan konsep-konsep ini secara praktis, berdasarkan data,” sambungnya.

Dr. Yohannes Kurniawan, S.Kom, SE, MMSI selaku dekan Sekolah Sistem Informasi dari BINUS University menambahkan, penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 250 juta sedang tumbuh dan dengan cepat mengalami urbanisasi. Kelas menengah yang berkembang menciptakan peluang bagi bisnis digital untuk melibatkan konsumen potensial melalui platform digital, memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal.

“Teknologi digital memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia, namun pertumbuhannya masih terhambat oleh kesenjangan data dan teknologi yang sangat luas,” ucap Yohannes Kurniawan.

“Kolaborasi yang erat antara universitas dan perusahaan di industri sangat diperlukan untuk membantu mengembangkan bakat. Kami sangat gembira dengan adanya kolaborasi ini yang bertujuan untuk memastikan bahwa siswa kami dilengkapi dengan keterampilan yang tepat untuk mendukung tujuan bisnis digital di masa depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kelvin Gonatha, Direktur Utama, Phintraco Group mengungkapkan, “Di PT PhinCon, kami menyadari bahwa perawatan konsultan top-of-the-line dilakukan tidak hanya melalui pengalaman, tetapi juga kolaborasi. PhinCon menyediakan platform bagi konsultan yang berpotensial untuk belajar dan menumbuhkan pengetahuan mereka melalui keterlibatan dalam program magang dan berbagai peluang karir, terutama untuk peran konsultan data analitik.”

“Dengan teknologi dan kolaborasi terbaik dari TIBCO dengan BINUS – salah satu kampus yang selalu mengesankan kami dengan konsultan IT terbaik mereka – kami akan terus mengejar impian kami menjadi bangga sebagai organisasi konsultan lokal dari Indonesia,” tandasnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: