Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Uniknya Ritual Rebut Dandang dan Palang Pintu di Depok

1,252
foto : budayajawa.id

Jakartakita.com – Mencari tempat wisata di Depok yang menyuguhkan ritual tradisional? Datanglah pada hari kalender seni, budaya, atau ajang khusus. Besar kemungkinan Anda bisa menemukan pertunjukan tradisi yang kini jarang dilakukan, yaitu rebut dandang.

Jika Anda mengunjungi upacara pernikahan tradisional Betawi di sini, Anda mungkin bisa melihat rebut dandang dilakukan bersama dengan tradisi unik lainnya, yaitu palang pintu.

Tradisi Pernikahan Ala Betawi di Depok

Palang pintu dan rebut dandang adalah tradisi pernikahan ala Betawi yang dilakukan saat arak-arakan mempelai pria tiba di tempat mempelai wanita.

Dalam tradisi ini, rombongan mempelai pria berusaha membujuk penjaga rumah mempelai wanita agar diperbolehkan masuk.

Ada beberapa anggota dari pihak kedua mempelai yang melakukan tugas penting, yaitu jawara silat, pembaca pantun, pemukul rebana, serta pembaca ayat-ayat Qur’an.

Dalam palang pintu, pembaca pantun akan melantunkan pantun yang mendeskripsikan maksud kedatangan si calon suami.

Setelah itu, pembaca pantun dari rombongan mempelai wanita membalasnya dengan lirik yang sedikit “menantang” mempelai pria.

Lirik pantun ini bisa bervariasi, tergantung dari kreativitas pelantunnya, tetapi pada akhirnya sudah diatur agar pihak mempelai pria bisa “diterima” oleh keluarga si wanita.

Hal yang sama berlaku untuk rebut dandang, yang merupakan hasil serapan dari budaya Pasundan. Dalam ritual ini, para jawara dari kedua rombongan maju untuk “berkelahi”.

Jawara dari pihak mempelai wanita akan mengikatkan dandang pada punggungnya, dan jawara mempelai pria harus bisa merebutnya. Walau gerakan-gerakan silat yang mereka lakukan terlihat sungguh-sungguh, namun hal ini juga sudah diatur agar jawara mempelai pria bisa menang.

Ritual Palang Pintu dan Rebut Dandang pada Masa Kini

Walau merupakan bagian erat dari tradisi pernikahan Betawi, palang pintu dan rebut dandang sudah jarang terlihat pada era modern. Hal ini karena banyaknya persiapan yang harus dilakukan, serta meningkatnya popularitas acara pernikahan modern. Akan tetapi, rebut dandang kini dihidupkan lagi lewat berbagai ajang gelar budaya atau acara khusus.

Organisasi kebudayaan seperti LUMBUK (Lembaga Usaha Melestarikan Budaya Seni Kota Depok) sering mengadakan pertunjukan rebut dandang di berbagai acara istimewa.

Dalam pertunjukan ini, para pelaku pertunjukan melakukan gerakan-gerakan asli ritual rebut dandang dengan pakaian aneka warna, diiringi musik tradisional yang dinamis seperti orkestra Gambang Kromong atau Tanjidor.

Tertarik ingin menontonnya? Anda bisa mengecek kalender wisata Depok, lalu melihat daftar ajang budaya yang berlangsung.

Jika beruntung, Anda bisa melihat langsung tradisi menarik ini. Jangan lupa mengecek ketersediaan kamar hotel lewat Airy untuk memastikan perjalanan Anda menyenangkan.

Solusi Penginapan Murah di Depok

Airy Rooms menyediakan solusi terbaik untuk penginapan murah tetapi berkualitas. Semua kamar memiliki fasilitas standar demi kenyamanan Anda, seperti pendingin ruangan dan pancuran air panas.

Anda juga bisa beristirahat dengan nyaman di kasur yang bersih dan empuk, menikmati air mineral gratis, serta menonton TV kabel di layar datar. Wi-Fi dan perlengkapan mandi gratis membuat suasana menginap semakin nyaman.

Anda bisa mengatur rencana perjalanan dengan mudah sesuai jadwal ajang budaya atau wisata di Depok.

Cukup unduh aplikasi Airy Rooms untuk Android atau iPhone, dan Anda bisa menemukan kamar murah dengan cepat. Pembayaran bisa langsung dilakukan dengan transfer bank biasa atau kartu kredit.

Jangan lupa memilih Airy Rooms sebagai solusi hotel di Depok yang berkualitas. Jaminan fasilitas serta harganya dijamin tidak akan mengecewakan Anda.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: