Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Rayakan Imlek di Hong Kong, Ngapain Aja?

2,495
foto : istimewa

Jakartakita.com – Hong Kong selama ini dikenal sebagai kota metropolitan yang hanya dituju sebagai tempat untuk berbelanja atau berwisata saja.

Padahal, kota yang dinamis dan kental dengan sentuhan nuansa China ini juga menjadi pilihan terbaik sebagai destinasi untuk merayakan Tahun Baru China.

Tidak ada tempat lain yang memiliki semangat, kemeriahan, dan pengalaman serupa dengan apa yang ditawarkan oleh kota Hong Kong pada perayaan Tahun Baru China kali ini.

Melalui suasana menyenangkan yang menyelimuti kota, ketika penduduk setempat mengikuti berbagai perayaan dan acara meriah, mulai dari parade malam yang megah hingga pertunjukan kembang api, pasar bunga yang harum, kunjungan ke kuil, dan balapan kuda yang selama ini populer.

Melansir siaran pers yang dirilis Hong Kong Tourism Board baru-baru ini, disebutkan, bahwa di tahun ini, perayaan Tahun Babi Tanah dikemas dalam empat hari agenda perayaan yang secara menarik diberikan untuk para pengunjung kota Hong Kong.

Selain untuk mengeksplorasi kultur dan juga kegiatan serta ritual khas dan tradisional kota ini, tetapi juga seraya merayakan tahun baru cina melalui destinasi-destinasi pilihan seperti acara perayaan Chinese New Year 2019, kuliner jajanan dan makanan khas kota Hong Kong, serta festival dan parade-parade.

Berikut agenda tahunan terbaru dari perayaan Tahun baru Cina untuk memulai Tahun Babi Tanah selama 4 hari di destinasi wisata popular kota Hong Kong:

Hari Pertama – Satu hari sebelum Tahun Baru Cina (Senin, 4 Februari 2019)

Berinteraksi dengan warga lokal di pasar bunga

Datanglah ke Hong Kong sebelum berakhirnya Tahun Anjing Tanah untuk beramah-tamah di pasar bunga kota, sebuah tempat berisikan warga lokal yang membeli bunga dan tanaman musiman sebagai lambing harapan yang berbeda-beda, seperti bunga sakura yang dipercaya meningkatkan kualitas diri, romantisme, hubungan, dan bambu air yang dipercaya mendatangkan kekayaan. Anda juga bisa menemukan produk kerajinan dan jajanan yang mencerminkan keunikan budaya lokal di Hong Kong.

Untuk pengalaman yang memuaskan, Anda bisa mengunjungi Victoria Park atau Fa Hui Park, dua pasar bunga paling besar dan populer yang ramai dikunjungi di malam hari.

Apa: Flower markets

Tempat dan Waktu:

Fai Hui Park, Mong Kok, 7.00 AM pada 4 Februari hingga 7.00 AM pada 5 Februari (Waktu Hong Kong)

Victoria Park, Causeway Bay, 8.00 AM pada 4 Februari hingga 8.00 AM pada 5 Februari (Waktu Hong Kong)

Hari Kedua – Hari pertama Tahun Baru Cina (Selasa, 5 Februari 2019)

Mulailah tahun baru dengan perjalanan spiritual dan nikmati hidangan makan siang yang sehat

Terdapat banyak warga lokal yang gemar melakukan hiking di hari pertama Tahun Baru Cina, hal ini dikarenakan perjalanan memanjat ke dataran tinggi yang melambangkan kemajuan dalam kehidupan menurut kepercayaan mereka. Tempat paling tepat untuk perjalanan ini adalah Lantau Island, lokasi patung Buddha tertinggi di dunia yang dibangun secara outdoor.

Mulailah perjalanan spiritual Anda dengan naik cable car dari Tung Chung untuk menikmati pemandangan hijau dan lautan selama perjalanan.

Berhentilah di Ngong Ping Village untuk mengunjungi “Taman Keberuntungan”, sebelum mencicipi hidangan vegetarian di Po Lin Monastery. Jangan lupa untuk melihat kemegahan Big Buddha di samping kuil.

Kegiatan: Pengalaman yang menyenangkan dengan hidangan vegetarian tradisional

Tempat: Lantau Island – Ngong Ping Village, Po Lin Monastery, Big Buddha

Hadiri pertemuan Tahun Baru Cina terbesar di kota

Datanglah ke Tsim Sha Tsui lebih awal untuk menempati spot terbaik melihat Cathay Pacific International Chinese New Year Night Parade, merupakan sebuah acara khas yang telah dimulai sejak tahun 1996.

Mendekati malam hari, pertunjukkan keliling mulai bermunculan untuk bergabung dalam rute parade yang dimulai pukul enam sore, sebelum kendaraan hias dari Hong Kong Disneyland dan Ocean Park Hong Kong dan juga para penari, akrobat, dan penampil lainnya dari seluruh dunia mengambil alih jalan-jalan utama dan memenuhi area tersebut dengan kemeriahan.

Kursi penonton yang berbayar juga disediakan dengan sistem pertama hadir – pertama dilayani, untuk pengunjung yang ingin menikmati kemeriahan titik mulai parade disamping Pusat Budaya Hong Kong yang ikonik.

Kegiatan: Cathay Pacific International Chinese New Year Night Parade

Lokasi: Tsim Sha Tsui, running through Canton Road, Haiphong Road and Nathan Road

Waktu: 8.00 PM hingga 9:45 PM (Waktu Hong Kong)

Hari Ketiga – Hari kedua dari Tahun Baru Cina (Rabu, 6 Februari 2019)

Nyatakan sebuah harapan dan tujuan yang tinggi

Pergi ke wilayah baru untuk udara pagi yang segar seraya mencoba melempar plakat di Hong Kong Well-wishing Festival bertempat di Lam Tsuen, Tai Po. Berawal dari sebuah tradisi desa, yang kemudian secara bertahap menjadi daya Tarik orang-orang dari seluruh kota.

Dengan membeli sebuah plakat, yang diikatkan pada pohon jeruk, Anda dapat menuliskan harapan dan keinginan di atasnya, dan melemparkannya ke Phpn Harapan (Wishing Tree).

Semakin tinggi plakatnya dihantungkan, maka semakin besar harapannya akan terkabul. Terdapat pula sebuah parade kendaraan hias pada malam parade Tahun Baru Cina Internasional yang berlangsung hingga 19 Februari 2019.

Kegiatan: Hong Kong Well-wishing Festival 2019

Lokasi: Lam Tsuen Wishing Square, Lam Tsuen, Tai Po

Waktu: 8:45 AM hingga 6:30 PM (Waktu Hong Kong)

Manjakan mata Anda dengan berbagai jenis “Bunga”

Kembang api, atau yang disebut sebagai “bunga asap” dalam Bahasa Kanton, kerap dijadikan sebagai bagian dari perayaan yang meriah di Hong Kong. Selama bertahun-tahun di setiap hari kedua Tahun Baru Cina, pertunjukan kembang api tersebut dipentaskan di atas Pelabuhan Victoria. Sepanjang pelabuhan yang terletak di Tsim Sha Tsui, Golden Bauhinia Square di Wan Chai, atau ifc yang terletak di Central dapat menjadi spot-spot terbaik yang direkomendasikan untuk menyaksikan 30 menit pertunjukan tersebut, bahkan diikuti dengan menikmati makan malam di waktu yang bersamaan dengan berlangsungnya pertunjukan tersebut di restoran-restoran daerah setempat.

Kegiatan: Pertunjukan Kembang Api Tahun Baru Cina

Lokasi: Pelabuhan Victoria

Waktu: 8.00 PM hingga 8:30 PM (Waktu Hong Kong)

Hari Keempat – Hari ketiga dari Tahun Baru Cina (Kamis, 7 Februari 2019)

Putar dan temukan keberuntungan Anda

Sebagai bentuk hormat kepada para dewa dan juga leluhur melalui adat dan tradisi warga setempat, kunjungan ke Kuil Che Kung yang bertempat di Tai Wai, menjadi destinasi yang patut untuk disambangi di setiap tahunnya. Kuil ini memiliki kekuatan untuk menarik perhatian kerumunan para pengunjung yang ingin sembahyang di setiap tahunnya.

Selain tradisi beribadah dan permohonan akan harapan yang dilakukan, terdapat “Kau Chim” atau yang lebih mudah dikenal sebagai Stick Drawing, yang patut dicoba untuk melihat keberuntungan apa yang menunggumu di tahun Babi Tanah ini.

Jangan lewatkan untuk memutar searah jarum jam dari Kincir Angin terkenal yang terdapat dalam kuil ini untuk memanggil keberuntungan di tahun baru ini.

Pacu adrenalinmu dengan menyaksikan pertunjukan kota terpopuler

Setelah mengunjungi Kuil Che Kung, kemudian beralih ke Sha Tin Racecourse melalui MTR East Rail Line untuk menyaksikan kemeriahan dari Hari Bapalan Tahun Baru Cina (Chinese New Year Race Day).

Sebuah lomba balap pertama dalam tahun Babi Tanah ini menyediakan kesempatan kepada para pengunjung untuk merasakan pengalaman berpacuan kuda, sebuah kegiatan pupoler di Hong Kong.

Untuk sekadar memberikan nuansa kegembiraan bersama rekan-rekan dalam kegiatan ini, taruhan berskala kecil seraya mendukung joki pilihan Anda melalui sorak sorai semangat yang diberikan kepada kuda dapat menjadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan pada hari keempat perayaan tahun baru cina ini.

Lokasi: Hari Balapan Tahun Baru Cina

Lokasi: Sha Tin Racecourse

Waktu: 11.00 AM hingga 6.00 PM (Waktu Hong Kong)

Beyond Chinese New Year

Hong Kong memiliki banyak penawaran menarik pada perayaan Tahun Baru China. Selain menghadirkan empat hari agenda kegiatan perayaan, para pengunjung dapat dengan mudah menjelajahi dan berpengalaman hal-hal menarik lainnya di kota ini, terutama kuliner yang luar biasa dan berbelanja bebas pajak.

Terdapat banyak restoran dan gerai perbelanjaan yang tetap buka selama masa liburan, diikuti dengan taman bermain, atraksi-atraksi besar, dan transportasi umum yang juga beroperasi seperti biasanya.

Pengunjung juga dapat berkunjung ke Daratan China yang terhubung dengan Hong Kong dengan mudah melalui bus, kereta, udara, atau melalui jalur laut.

Terdapat akses yang baru ini diresmikan yaitu jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao, sebagai bagian dari Kereta Api Cepat Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong, menjanjikan pengalaman berjelajah destinasi sekitar yang mudah dan cepat.

Menyempurnakan empat hari penuh agenda dalam merayakan Tahun Baru China di Hong Kong, kemeriahan dari perayaan ditawarkan juga oleh Hong Kong Disneyland Resort, sebagai pilihan menginap dengan dekorasi yang kental pula dengan nuansa Tahun Baru China dimulai dari 17 Januari 2019 hingga 24 Februari 2019 mendatang. Dekorasi yang diberikan terpampang di sepanjang jalan utama, U.S.A dengan sederet suguhan menarik untuk hidangan dan barang-barang belanja yang menarik.

Agar selaras dengan perayaan Tahun Babi Tanah, kali ini Hong Kong Disneyland menyuguhkan Three Little Pigs bersama dengan Mickey Mouse dan rekannya dengan pakaian bertajuk Tahun Baru Cina, muncul di sekitaran taman untuk turut serta menyambut para pengunjung seraya memberikan ucapan dan harapan tahun baru kepada mereka.

Khusus untuk Three Little Pigs, mereka akan tampil di Taman Fantasi di area Fantasyland untuk juga bertemu dengan para pengunjung merayakan kemeriahan dari tahun baru cina kali ini.

Berbicara tentang lambing dari tahun baru cina kali ini, Hong Kong telah membuat sebuah ritual ibadah yang direkomendasikan untuk menemukan berkah dan harapan pada tahun baru Babi Tanah ini di salah satu kuil terpopuler di Hong Kong, bernama Wong Tai Sin dan Che Kung.

Di kuil ini, para pengunjung diharapkan untuk dapat memanjatkan harapannya agar dapat terkabul sedemikian sukses pada tahun Babi Tanah ini

Cara Membuat Lampu Lampion Imlek dari Benang

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: