Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Cara Membuat Lampu Lampion Imlek dari Benang

2,491

Lampu lampion Imlek gantung merupakan jenis yang paling sering ditemui baik dipasang di depan rumah pribadi, pusat perbelanjaan, restoran dan area publik lain. Lampion Imlek model gantung terbuat dari berbagai macam bahan seperti kertas, kain, benang dan lain-lain.

Bahan benang banyak digunakan untuk model lampion gantung karena memiliki bentuk yang lebih unik dan menarik. Anda juga bisa membuat hiasan wajib ini di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan lho!

Bahan yang harus dipersiapkan dalam membuat lampu lampion Imlek

  • Balon udara
  • Benang wol atau jenis benang lain
  • Lem kayu
  • Kuas
  • Kertas minyak

Cara sederhana membuat lampu lampion Imlek dari bahan benang

Setelah mempersiapkan semua bahan pembuatan lampu lampion Imlek, Anda bisa mengikuti langkah pembuatan yang mudah berikut ini.

  1. Tiup balon udara sebesar ukuran yang Anda inginkan untuk lampu lampion nantinya. Ukur diameter balon sesuai dengan ukuran lampion dan buat lingkaran pada bagian atas balon sebagai tepi lem. Lubang ini nantinya akan digunakan sebagai lubang lampu.
  2. Ada dua versi cara perekatan benang ke balon yang akan dijadikan bentuk lampion. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencampurkan bahan lem kayu ke dalam wadah dan aduk hingga merata. Ambil kuas dan celupkan pada lem tersebut sebelum mengoleskannya secara merata ke bagian seluruh balon kecuali pada lubang lingkaran di bagian atas. Lilitkan benang ke balon yang telah terolesi lem secara acak dan merata hingga balon tertutup sempurna. Cara kedua yang bisa Anda coba untuk merekatkan benang pada balon adalah mencampurkan bahan lem kayu dengan benang wol dalam wadah. Lalu, rekatkan campuran dua bahan tersebut secara langsung ke balon udara yang telah disiapkan sampai tertutup sempurna.
  3. Anda bisa langsung mendiamkan balon yang telah tertutup benang dan lem secara sempurna atau menjemur di bawah sinar matahari agar benang dan lem bisa lebih cepat kering dan kaku. Hal yang biasa terjadi pada pembuatan lampu lampion Imlek dari bahan benang adalah membutuhkan waktu yang relatif tergantung ukuran balon. Jika Anda menggunakan balon ukuran kecil, waktu penjemuran biasanya hanya sehari saja. Namun, balon udara yang lebih besar membutuhkan waktu yang lebih lama hingga berhari-hari. Sebaiknya Anda menjemur dengan intensitas cahaya matahari yang tidak begitu terik agar balon udara tidak meletus.
  4. Jika lampu lampion Imlek sudah terlihat mengering dan kaku, Anda bisa memecahkan balon udara yang ada di bagian dalam. Bagian luar yang telah kering akan membentuk kerangka lampion sesuai desain yang Anda inginkan.
  5. Tempelkan kertas minyak pada kerangka luar lampion agar bisa menciptakan dekorasi Imlek yang lebih menarik. Anda juga bisa menambahkan hiasan lain sesuai dengan keinginan. Tinggal masukkan kabel dan lampu ke dalam kerangka lampion yang akan membuat semarak perayaan tahun baru Imlek di rumah lebih sempurna. Tinggal undang teman-teman atau orang tersayang menikmati jamuan makan, ya!

Tentu cara pembuatan lampu lampion Imlek di atas membutuhkan pengorbanan waktu dan tenaga Anda. Kalau tidak memiliki banyak waktu luang menciptakan aksesoris Imlek sendiri, Anda bisa memesan produk lampion Imlek yang tak kalah berkualitas. Berbagai macam lampion Imlek unik dari bahan benang bisa Anda dapatkan langsung di marketplace Bukalapak sekarang juga. Yuk, belanja semua kebutuhan aksesoris Imlek yang hemat dan praktis hanya di Bukalapak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: