Take a fresh look at your lifestyle.

5 Faktor Ini yang Bisa Bikin Harga Tiket Pesawat Domestik Melambung Tinggi

0 2,996
foto : ilustrasi (ist)

Jakartakita.com – Apa kamu adalah salah satu yang merasa tiket pesawat domestik jadi lebih mahal dibanding internasional?

Jangan salah sangka dulu, guys. Ternyata ada faktor-faktor tersendiri di balik hal ini.

Ini dia beberapa faktor yang menyebabkan tiket pesawat domestik lebih mahal!

1. Besar atau tidaknya permintaan

Harga tiket pesawat bergantung pada besar atau tidaknya permintaan. Biasanya memang akan menjadi mahal ketika musim liburan dan menjelang hari raya.

Selain itu, permintaan yang besar pada momen kampanye oleh partai politik juga memengaruhi harga tiket pesawat yang menjadi melambung. Banyak caleg pergi ke luar kota untuk keperluan kampanye Pilpres, dan permintaan single class yang lebih tinggi.

2. Strategi marketing yang berbeda untuk penerbangan internasional

Menurut Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, penerbangan internasional menggunakan bauran produk dan harga yang sangat dalam.

Tarif bisa satu Rupiah atau satu Dollar tapi dalam jumlah seat yang terbatas, sebagai gimmick.

Sedangkan untuk penerbangan domestik, tidak ada gimmick seperti itu. Harga yang sudah tertera memiliki kapasitas seat yang banyak. Oleh karena itu, tiket pesawat domestik terkesan lebih mahal dibanding internasional.

Related Posts
1 daripada 3,176

3. Avtur lebih murah di luar negeri

Menurut INACA (Indonesia National Air Carrier Association), harga avtur di dalam negeri yang disediakan oleh PT Pertamina (Persero) lebih mahal dibanding di luar negeri.

Avtur di dalam negeri bisa 10-16 persen lebih mahal dibanding di luar negeri. Pembelian avtur sangat berpengaruh pada harga tiket pesawat karena bisa memakan biaya 40-45 persen dari total biaya operasional sebuah maskapai penerbangan, ditambah lagi dengan faktor distribusi dan nilai tukar mata uang di negara tertentu.

Semuanya jadi berpengaruh ke naik atau turunnya harga tiket!

4. Pilihan maskapai dunia yang sangat beragam

Mulai dari full service carrier (FSC) sampai low cost carrier (LCC), semuanya lengkap tersedia untuk rute internasional. Hal ini membuat harga tiket ke luar negeri terasa lebih murah.

5. Adanya PPN

Penerbangan domestik harus bayar PPN juga, sedangkan internasional tidak. Inilah yang bikin penerbangan internasional terasa lebih murah dan hemat. Selain itu, penerbangan ke luar negeri jauh lebih banyak permintaannya sehingga terjadi persaingan harga yang menguntungkan customer. Maskapai penerbangan pun juga lebih banyak bermain dalam rute luar negeri, jadinya harga tiket pesawat ikut terpengaruh.

Mau liburan tanpa pusing ngurus harga tiket pesawat yang mahal? Traveloka PayLater adalah jawabannya!

Kamu bisa dapat kemudahan cicilan tiket pesawat tanpa kartu kredit dengan installment yang rendah, dan bisa dibayar dalam waktu yang kamu tentukan sendiri.

Proses mengurusnya cepat dan kamu bisa dapat limit hingga Rp10.000.000, tanpa dikenakan biaya tambahan. Hemat kan?

Tinggalkan komen