Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

KAI Gandeng MacroAd Sediakan Wifi Gratis di Seluruh Stasiun Jabodetabek

2,229
foto : jakartakita.com/edi triyono

Jakartakita.com – Pemerintah Indonesia telah mencanangkan program ‘Gerakan Menuju 100 Smart City’.

Tujuannya adalah agar setiap daerah bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Menyikapi hal tersebut, sebagai wujud peningkatan pelayanan kepada pengguna setia kereta api, PT KAI bekerjasama dengan PT Pulau Pulau Media (MacroAd) menyediakan fasilitas wifi gratis di peron stasiun-stasiun kereta api. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada penumpang kereta api saat menunggu di stasiun.

George Samuel selaku Head of Commercial & Business Deveploment MacroAd mengatakan, kerjasama antara KAI dan MacroAd dalam pemasangan wifi gratis MacroAd merupakan partisipasi dalam membangung ekosistem digital. Dengan begitu, MacroAd dapat mewujudkan smart transportation yang menghibur dan informatif.

Sebagai bentuk kepedulian dalam mengembangkan ekosistem yang mencerdaskan masyarakat, MacroAd pun telah melakukan pengembangan melalui beberapa media digital yang terintegrasi dengan area publik maupun layanan transportasi publik.

“Pengembangan media-media oleh MacroAd berdasarkan konsep MacroAd Zone-Smart Digital Ecosystem (MacroAd Zone-SDE),” ucap George dalam konferensi pers di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).

Saat ini, jelas dia, layanan wifi gratis milik MacroAd sudah tersedia di 46 stasiun yang tersebar di seluruh wilayah Jabodetabek. Pihaknya juga akan menyajikan layanan gratis di 37 stasiun Jaobodetabek pada Maret 2019 mendatang.

Kedepannya, lanjut dia, MacroAd akan menghadirkan layanan wifi gratis di semua stasiun, tak hanya di Jabodetabek saja.

“Pengembangan berikutnya adalah pemasangan wifi gratis di KA Jarak Jauh, KRL, dan stasiun di kota-kota lainnya. Fase pertama pemasangan wifi gratis untuk KA Jarak Jauh dimulai dari 100 kereta KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung PP). Selanjutnya, penyediaan wifi gratis akan dilanjutkan di 40 rangkaian KRL dan stasiun-stasiun kereta api jarak jauh dari Jakarta hingga Surabaya,” terang George.

Sementara itu, Direktur Komersial KAI, Dody Budiawan menambahkan, dengan adanya wifi gratis di stasiun dan di kereta api, penumpang akan lebih nyaman menunggu kedatangan kereta atau selama dalam perjalanan.

KAI dan MacroAd berharap kerjasama ini dapat meningkatkan jumlah calon pengguna kereta sampai masa mendatang.

Wifi gratis yang disediakan MacroAd ini pun nantinya akan terintegrasi dengan mitra MacroAd lain, yaitu PT Railink dan Perumda Pasar Jaya.

“Pengguna KA akan dimanjakan dengan wifi gratis dengan kecepatan up to 250 Mbps saat menunggu kedatangan kereta. Hingga saat ini, sebanyak 46 stasiun di Jakarta dan sekitarnya telah terpasang wifi MacroAd. Sedangkan 37 stasiun lainnya di Jabodetabek akan terpasang sekitar akhir Maret 2019,” jelasnya.

Berikut 46 stasiun yang telah tersedia wifi gratis dari MacroAd: 

Angke, Batu Ceper, Bogor, Bojong Gede, Bojong Indah, Cawang, Cibinong, Cicayur, Cikini, Cilebut , Citayam, Citeras, Depok Baru, Duren Kalibata, Gambir, Gang Sentiong, Gondangdia, Grogol, Jakarta Kota, Jayakarta, Juanda, Jurang Manggu, Kalideres, Kampung Bandan, Karet, Kramat, Mangga Besar, Pasar Minggu, Pasar Minggu Baru, Pasar Senen, Pesing Pondok Cina, Pondok Jati, Pondok Ranji, Poris, Rawabuaya, Taman Kota, Tanah Abang, Tanah Tinggi, Tangerang, Tanjung Barat, Tebet, Tenjo, Universitas Indonesia dan Kemayoran.

Adapun penggunaan wifi MacroAd dilakukan dengan proses registrasi terlebih dahulu. Penggunanya cukup memasukan nomor telepon dan tanggal lahir. Setelah itu, pengguna dapat menggunakan WiFi secara gratis selama 30 menit pertama. Apabila pengguna ingin menggunakan WiFi gratis lagi, pengguna melakukan Iogin kembali. (Edi Triyono)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: