Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Majalah itech Gelar TOP IT & TELCO 2019

1,916

Jakartakita.com – Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan implementasi TIK, Majalah itech kembali menyelenggarakan penganugerahan TOP IT & TELCO 2019 di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Ajang ini mendapat dukungan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Dewan Riset Nasional (DRN), serta beberapa asosiasi IT TELCO nasional.

Adapun di ajang penghargaan yang ke-6 ini, tema yang diangkat adalah ‘Inovasi & Transformasi Digital, Indonesia Toward Industry 4.0 Era, Innovation Through Digital Transformation’.

Ir. Irnanda Laksanawan selaku Ketua Penyelenggara TOP IT & TELCO 2019 mengatakan, keberhasilan implementasi dan pemanfaatan IT & TELCO di perusahaan, Institusi pemerintahan, termasuk BUMN, BUMD dan lembaga Iainnya, mampu mendorong terciptanya pengelolaan manajemen dan bisnis menjadi lebih esien, efektif, profesional, dan berdaya saing tinggi. 

Adapun kegiatan TOP Digital Innovation ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan terbaik dalam melakukan implementasi, pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi (TI) untuk meningkatkan kinerja, daya saing dan layanan bisnisnya. 

“TOP IT & TELCO merupakan penghargaan tertinggi dan terbesar di Indonesia yang diberikan kepada perusahaan, instansi pemerintahan, dan vendor TI TELCO, yang dinilai berhasil dalam hal pemanfaatan TI & TELCO untuk meningkatkan kinerja, daya saing bisnis, dan layanannya di Indonesia,” ungkap Irnanda, saat di temui Jakartakita.com, di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Dewasa ini, jelas dia, teknologi memungkinkan organisasi atau perusahan menyusun dan melaksanakan strategi IT yang mumpuni, dan mampu mendapatkan nilai manfaat lebih di era digital ini.

Untuk melakukan transformasi digital, organisasi atau perusahaan dituntut untuk dapat mengubah model bisnis, dan menyusun strategi efektif dan teknologi yang tepat.

“Transformasi digital merupakan suatu proses untuk menangkap peluang-peluang dalam bisnis melalui pemanfaatan digitalisasi atau teknologi digital. Transformasi digital membuka banyak peluang melalui pemanfaatan data-data yang ada untuk membangun konsep ekonomi baru,” imbuhnya.

Sementara itu, Dr. lr. Jumain Appe MSi, selaku Ketua Dewan Juri mengatakan, pemerintah melalui Making Indonesia 4.0 sangat mendukung peran penting inovasi dan transformasi digital dalam pembangunan nasional.

“Kita harapkan semua stakeholder bisa memanfaatkan transformasi digital ini, agar perusahaan dan instansi tetap kompetitif di masa depan. Terkait transformasi digital, Kemenristekdikti terus mendorong tumbuhnya inovasi industry yang berbasis pada IT,” tuturnya.

Terdapat 20 juri yang ahli dari berbagai kalangan baik di bidang IT, bisnis dan tata kelola pemerintahan yang melakukan penilaian untuk pemenang dari TOP IT & TELCO 2019. 

Asal tahu saja, ada 125 perusahaan dan instansi pemerintahan yang masuk dalam nominasi penghargaan. Akan tetapi, dewan juri menetapkan 27 perusahaan dan instansi pemerintahan yang mendapatkan gelar penghargaan TOP IT TELCO 2019.

Dari proses penilaian kuesioner dan hasil diskusi/ tanya jawab dalam wawancara penjurian ini, Dewan Juri akan merumuskan sebuah rekomendasi TOP IT & TELCO kepada Pemerintah secara tertulis. Hal ini menunjukkan, bahwa ajang kegiatan ini tidak sekedar pemberian penghargaan semata, namun juga untuk memberi masukan kepada Peserta dan Pemerintah (Presiden, Wakil Presiden dan Menteri terkait), demi terwujudnya Indonesia yang lebih hebat, di era digital teknologi.  (Edi Triyono)   

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: