Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Dorong Kemajuan Sains & Teknologi, PP-Iptek Gelar Indonesia Science Day 2019

1,669

Jakartakita.com – Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) akan kembali menyelenggarakan Indonesia Science Day (ISD) ke-2 kalinya pada tanggal 25 – 28 April 2019 di Gedung PP-IPTEK yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Kepala Sub Divisi Promosi dan Kerjasama PP-IPTEK, Ika Mian Karlina mengatakan, ISD merupakan sebuah event dengan berbagai kegiatan sains yang didesain dengan konsep mendidik, menginspirasi, dan menghibur masyarakat, khususnya generasi muda dalam memajukan sains dan teknologi.

“Rangkaian ISD menampilkan berbagai pameran inovasi dan pendidikan dan Instansi Kementerian dan Non Kementerian, Perguruan Tinggi, dan Sekolah, yang bertujuan untuk memperkenalkan hasil karya anak bangsa kepada masyarakat demi meningkatkan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan,” ucap Ika, usai pemaparan ISD 2019 di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

ISD 2019 rencananya akan dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sekaligus meresmikan dua wahana baru di PP-IPTEK, yakni Wahana Inovasi Indonesia dan Wahana Digital World.

Rencananya, acara pembukaan juga akan dihadiri berbagai instansi, perguruan tinggi, sekolah yang ikut serta dalam pameran, maupun instansi lain yang selama ini telah berkontribusi pada pengembangan pendidikan Iptek generasi muda, khususnya di galeri PP-IPTEK. 

Tidak ketinggalan pula berbagai kegiatan science interactive spesial khas PP-IPTEK, diantaranya; Science Show, Sanggar Kerja Sains, Demonstrasi Roket Air, Peneropongan Matahari, dan Hidroponik yang merupakan program sains reguler PP-IPTEK, dapat disaksikan dan dipraktekkan langsung oleh pengunjung selama kegiatan ISD 2019 berlangsung. 

Adapun peserta pameran ISD 2019 diikuti oleh sebanyak 74 instansi yang terdiri atas 17 Instansi Kementerian dan Non Kementerian (LPNK) serta komunitas, 52 perguruan tinggi dan 6 sekolah.

Sementara itu, Direktur PP-IPTEK Kemenristekdikti, Syachrial Annas mengatakan, pihaknya berencana akan menjadikan ISD sebagai kegiatan rutin tahunan yang melibatkan banyak pihak.

“Dengan melihat animo dan antusiasme yang tinggi dari para instansi kementerian dan non kementerian, perguruan tinggi, dan sekolah di Indonesia, PP-IPTEK akan menyelenggarakan kegiatan ISD sebagai program tahunan,” jelasnya.

“Kegiatan ISD 2019 ini sebagai salah satu bentuk penerapan fungsi PP-IPTEK sebagai science center pertama di Indonesia dalam mendukung tumbuhnya masyarakat yang inovatif dan sumber pembelajaran Iptek masyarakat, khususnya generasi muda,” tandas Syachrial. (Edi Triyono)


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: