Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

PBB Setu Babakan Kini Punya Website Resmi

2,370

Jakartakita.com – Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan merupakan salah satu alternatif pilihan destinasi ‘Wisata Budaya’ di Jakarta.

Ironisnya, warga Jakarta sendiri masih banyak yang tidak tahu apa itu Perkampungan Budaya Betawi (PBB) atau bahkan dimana letak Setu Babakan ini.

Menyikapi kondisi tersebut, Frances Caitlin Tirtaguna yang juga penulis buku ‘Ondel-Ondel Galau’ menginisiasi untuk membuat portal atau website PBB Setu Babakan, yaitu; www.setubabakanbetawi.com.

“Agar siapapun bisa mengakses dengan mudah informasi lengkap tentang Kebudayaan Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi. Website inipun diharapkan dapat mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung atau untuk mencapai lokasi PBB Setu Babakan,” jelas Frances Caitlin Tirtaguna di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Lebih lanjut Frances menuturkan, sewaktu dirinya membuat buku ‘Ondel-Ondel Galau’, dirinya melakukan riset tentang kebudayaan Betawi.

“Terus terang, waktu saya meriset tentang budaya Betawi di internet masih banyak yang kurang lengkap dan infonya masih tersebar-sebar. Walaupun ada (yang lengkap) tapi belum update. Makanya saya membuat website ini, agar masyarakat umum bisa mencari informasi berbagai macam master budaya Betawi dari satu tempat ke tempat lain,” tuturnya.

Ditambahkan, saat berkunjung ke Setu Babakan, bahkan banyak warung – warung makanan yang mejajakan makanan Betawi, yang orang luar banyak yang belum tahu.

“Maka dari itu, dengan adanya website ini, para pengunjung bisa mencari info mengenai kuliner seperti kue ranggi, kue geplak, ongol-ongol, dodol, kerak telor, bir pletok serta kerajinan tangan dan sanggar-sanggar Betawi yang ada di Setu Babakan,” terang Frances.

Asal tahu saja, website yang diinisiasi Frances ini berisikan tentang Sejarah, Profil, Fasilitas, Ragam Budaya (mulai dari Kesenian, Adat & Tradisi, Pakaian Adat, Transportasi Tradisional, Rumah Adat, Permainan, Seniman & Tokoh hingga Kuliner Betawi), Acara & Berita serta Mitra Pedagang. 

Sementara itu, Hj. Rofiqoh Mustofa selaku Ketua Unit Pengelola Kawasan (UPK) PBB Setu Babakan berharap, dengan adanya website ini dan dengan dukungan dari berbagai pihak, masyarakat dan pemerintah, akan lebih banyak lagi wisatawan dari dalam dan luar negeri yang berkunjung ke Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan.

“Kami berharap, agar budaya Betawi bisa tetap lestari dan terus berkembang ke depannya,” tandasnya. (Edi Triyono)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

IndonesianEnglishDutchChinese (Simplified)Malay
%d bloggers like this: