Take a fresh look at your lifestyle.

Perkuat Hubungan Kerjasama Ekonomi & Perdagangan Tiongkok-Indonesia, Bakal Digelar China – ASEAN Expo Indonesia 2019

0 4,735

Jakartakita.com – Untuk Iebih memperkuat hubungan kerjasama ekonomi dan perdagangan bilateral, Guangxi International Expo Group bersama dengan Sekretariat China – ASEAN Expo dan Departemen Bisnis Daerah Otonomi Guangxi Zhuang akan menyelenggarakan China – ASEAN Expo Indonesia tahun 2019 di Pusat Pameran Internasional Jakarta (JI Expo Kemayoran) pada tanggal 11 Juli hingga 13 Juli 2019.

Pameran kali ini adalah pameran yang kedua kalinya dilaksanakan setelah pameran pada tahun 2015.

Adapun pameran ini telah didukung oleh Kementerian Perdagangan Indonesia, Kamar Dagang Indonesia Tiongkok, dan Dewan Bisnis Indonesia Tiongkok.

Melansir keterangan pers, Rabu (03/7) disebutkan, China-ASEAN Expo adalah acara ekonomi dan perdagangan internasional yang disponsori bersama oleh Tiongkok dan Kementrian Ekonomi dan Perdagangan Indonesia yang termasuk ke dalam 10 negara ASEAN serta Sekretariat ASEAN, yang diadakan setiap bulan September di kota Nanning, Tiongkok.

Sejauh ini, ASEAN Expo telah berhasil diselenggarakan sebanyak 15 kali dan menjadi platform penting untuk mempererat hubungan dan mengembangkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, serta kerja sama di bidang lainnya antara negara Tiongkok dengan negara-negara ASEAN lainnya. 

Adapun Indonesia adalah tempat pertama yang mempromosikan Jalur Sutera Maritim pada Abad ke-21.

Pada tahun 2018, Indonesia mengekspor US 524,39 miliar ke Tiongkok, meningkat sebesar 14,3% dibanding tahun sebelumnya (2017), atau sebanyak 15,0% dari total ekspor Indonesia.

Indonesia mengimpor US 536,62 miliar dari Tiongkok, meningkat sebanyak 30.9% dari tahun sebelumnya (2017), atau sebanyak 27,9% dari total impor Indonesia.

Related Posts
1 daripada 3,840

Dengan kondisi ini, Tiongkok telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia.

Sementara itu, tahun 2019 ini bertepatan dengan dimulainya “Visi Kemitraan Strategis China-ASEAN 2030”.

Keberadaan pameran ini merupakan wadah untuk mempererat hubungan persahabatan antara Tiongkok dan Indonesia, untuk mengembangkan inovasi dan bekerjasama dalam menciptakan masa depan yang sejahtera bagi kedua negara.

Lebih lanjut disebutkan, sebagai salah satu kegiatan penting dari ASEAN Expo ke-16, pameran Indonesia kali ini telah mendapat dukungan penuh oleh Sekretariat ASEAN Expo, Departemen Bisnis Guangxi, Dewan Bisnis lndonesia-Tiongkok dan Kamar Dagang Tiongkok Indonesia.

Kementrian perdagangan yang relevan dari provinsi dan kota yang berhubungan di Tiongkok telah mengorganisir sejumlah besar perusahaan terkenal dan terpercaya untuk berpartisipasi dalam pameran ini. 

Perusahaan yang mengikuti pameran juga memiliki integritas tinggi, kualitas barang pameran yang sangat baik, dan harga yang kompetitif.

Sementara itu, pada pameran kali ini memiliki luas sebesar 4.000 meter persegi dan ratusan perusahaan-perusahaan yang mengikuti pameran, termasuk ke dalam 500 perusahaan kuat di Tiongkok dan memenuhi kebutuhan pasar dengan kualitas tinggi bagi perusahaan menengah dan kecil.

Adapun sector industri yang bakal meramaikan pameran kali ini, berpusat pada lima kategori utama, yaitu: mesin dan peralatan, teknologi terbaru dan tercanggih, barang-barang konsumsi sehari-hari, produk pertanian dan kegiatan yang bermacam-macam, serta kontennya bersifat pragmatis.

Selama pameran, masih akan diadakan serangkaian kegiatan yang bermacam-macam dan pragmatis, termasuk: Diskusi mengenai investasi dan perdagangan.

Selain itu, mengundang Komite Koordinasi Penanaman Modal Indonesia untuk memperkenalkan investasi Indonesia, juga akan meningkatkan kebutuhan pelestarian lingkungan dalam negeri Indonesia.

Tinggalkan komen