Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jawab Tantangan Tren Data 3D, Datascrip Hadirkan Paracosm PX-80

642

Jakartakita.com – Data merupakan elemen yang sangat penting di era revolusi industri 4.0.

Kecepatan, efektivitas dan efisiensi pekerjaan akan bergantung pada data yang tersedia.

Hal ini pun terjadi di bidang arsitektur, konstruksi dan engineering ketika akan melakukan proses analisis perencanaan hingga pelaksanaan suatu proyek.

Saat ini, penyajian data berupa data 3D (tiga dimensi) untuk kebutuhan dokumentasi, pemetaan dan pengukuran ruang lebih mudah dengan menggunakan metode terrestrial laser scanning (TLS).

Metode TLS ini dapat menghasilkan data 3D berupa jutaan titik dalam waktu relatif singkat serta presisi, dengan menggunakan alat laser scanner.

Pembangunan berbagai infrastuktur di Indonesia yang makin berkembang pesat tentunya perlu disertai dengan perencanaan dan pelaksanaan yang matang. Sumber daya manusia dan teknologi pendukungnya pun harus mumpuni agar berjalan efektif dan efisien.

Menyikapi hal tersebut, pt. Datascrip menghadirkan Paracosm PX-80, perangkat laser scanner 3D handheld yang praktis untuk menghasilkan data 3D secara akurat dan cepat di area indoor maupun outdoor.

Dengan alat ini, pemindaian area dengan rentang jangkauan hingga 80 meter dapat dilakukan oleh satu orang saja.

“Kebutuhan akan pengukuran dan pemetaan digital dalam bentuk data dokumentasi 3D di tanah air sangat tinggi seiring dengan pesatnya pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Hadirnya perangkat laser scanner 3D handheld Paracosm PX-80 ini memudahkan penyajian data secara praktis, cepat dan akurat, sehingga proses perencanaan hingga pelaksanaan proyek pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Perangkat ini dapat diaplikasikan di berbagai bidang seperti analisis proyek konstruksi, dokumentasi pabrik, perencanaan keamanan hingga analisis kehutanan,” ujar Gatot P. Laksono – Senior Division Manager Survey & 3D Equipment pt. Datascrip dalam siaran pers, Senin (15/7).

Lebih rinci diungkapkan, Paracosm PX-80 merupakan perangkat scanner Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) pertama di dunia yang dapat menyajikan data berupa gambar berwarna karena telah terintegrasi dengan kamera beresolusi 3,2 megapiksel. 

Alat ini menggunakan teknologi Light Detection and Ranging (LiDAR) dari Velodyne VLP-16 yang mampu menangkap data 300.000 titik per detik, hingga jarak maksimum 80 meter.

Paracosm PX-80 juga didukung Inertial Measurement Unit (IMU) yang memudahkan pengambilan data di area terbuka mapun di area tertutup seperti di dalam gedung.

Dengan bobot 5,3 kg (termasuk beterai), Paracosm PX-80 sangat praktis digunakan karena dapat dihubungkan dengan perangkat Apple® iPad mini™ 4.

Proses pengaturan dan pengambilan data yang dilakukan dengan berpindah tempat atau tidak statis.

Daya tahan baterai internal saat proses pemindaian sekitar 40 menit, namun jika menggunakan baterai eksternal bisa lebih lama hingga 1,5 jam.


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: